HMJ Matematika Gelar Kompetisi Angka Tingkat Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pembukaan Ajang Kompetisi Matematika (Ajang) oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar.
Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar menggelar Kompetisi Matematika (Angka) yang ini berlangsung via zoom meeting, Senin (20/09/2021).

Kegiatan berlangsung mulai senin-Jum’at 20-25/09/2021, dan diikuti oleh siswa/i, mahasiswa dan umum yang berskala tingkat Nasional.

Ada empat item perlombaan yang dikompetisikan pada kegiatan Ajang di antaranya Akustik, Games Of Mathematics (GAMMA), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Video Dokumenter serta dimeriahkan dengan Webinar Nasional.

Ketua Panitia Ajang, Ahmad Riqas menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan kemampuan peserta di masa pandemi Covid-19.

“Tujuan kegiatan Angka untuk menunjukkan potensi dan kreativitas dari generasi muda,” tuturnya.

Selain itu Ketua HMJ Matematika Akmal Hasan, menuturkan orientasi dari kegiatan ajang ini adalah untuk memberi wadah bagi generasi muda agar dapat bersaing di era 4.0 dan meningkatkan kemampuan yang lebih matang untuk menghadapi society 5.0.

“semoga kita ini sebagai generasi penerus paling tidak bisa bersaing di era itu 4.0 dan mempersiapkan diri di era 5.0,” harapnya.

Lanjut, Ia mengharapkan dengan diadakannya kegiatan Angka tidak lepas dari tujuan awal pelaksanaan kegiatan secara umum yaitu untuk meningkatkan kualitas diri generasi muda.

“Meningkatkan skill dalam editing di item video dokumenter, kemudian di LKTI itu untuk meningkatkan kualitas kita ini dalam menulis. Kemudian untuk matematika itu sendiri untuk mencerdaskan paling tidak untuk memecahkan masalah yang terjadi seperti itu,” lanjutnya.

Salah satu peserta, Wafiq mengungkapkan dirinya merasa bangga karena dapat berkompetisi dan mengasah kemampuan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya merasa bangga, karena walaupun dalam situasi pendemi ini tetap mengadakan kegiatan lomba seperti ini dan setau saya tidak hanya satu lomba yang diadakan,” ujarnya.

Penulis : A. Muh. Rifky Nugraha (Magang)
Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami