Enam Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Raih Prestasi Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – Sebanyak enam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berhasil meraih prestasi Nasional diberbagai kompetisi.

Mereka, Sopyana tercatat sebagai mahasiswa semester lima berhasil meraih juara satu Fisika Astronomi pada Olimpiade Sains Mahasiswa (OSM), dengan Nurul Padhila Bahar Mahasiswa semester tiga juara dua OSM- Matematika dari 2,505 peserta.

Selanjutnya, Roni Ririn Mahasiswa semester tiga Juara dua – Fisika-Astronomi dari 920 peserta. Irham bayu safitra–OSN Pertamina (Finalis Pertamina 18 Besar Nasional /Juara satu Regional SulSel). Terakhir, A.Ansal –OSN Pertamina (Juara tiga Regional SulSel). Hartini. R. – Juara tiga OSM – Fisika-Astronomi (920 peserta)

Ketua Prodi Pendidikan Fisika FTK UIN Alauddin Rafika S S M Pd mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas prestasi yg diraih oleh mahasiswanya terlebih lagi di masa pandemi mahasiswa tetap dapat menyalurkan kreativitas dan intelektualitasnya dalam beberapa ajang lomba .

“Untuk Prodi kami sendiri memang memiliki target untuk selalu memotivasi dan mendorong mahasiswa untuk ikut lomba, baik di bidang sains maupun non sains karena selain untuk mengasah kompetensi dan menambah wawasan mereka, prestasi mereka tentu saja nantinya dapat menjadi nilai plus untuk pengembangan diri dan juga menjadi poin untuk penting dalam peningkatan Akreditasi prodi,” jelasnya.

Menurutnya, selama ini langkah Prodi dalam membina mahasiswa adalah membentuk tim Dosen yang tugasnya membimbing mahasiswa dalam setiap lomba yang akan mereka ikuti.

“Kami sangat bersyukur karena di prodi kami memiliki Dosen muda yang sangat energik, kompeten dan bersemangat dalam membimbing mahasiswa. Selama masa pandemi ini mahasiswa sangat bersemangat mengikuti lomba yang dilaksanakan secara online karena minim biaya yang harus dikeluarkan, mis.transportasi ke tempat lomba maupun biaya pendaftaran,” ujarnya.

Untuk itu, Ia berharap kedepan ada bantuan bagi mahasiswa yang akan mengikuti lomba karena kadang terkendala dana serta adanya semacam reward yang mereka terima dari pihak universitas atau Fakultas sebagai penghargaan karena telah mengharumkan nama UIN Alauddin. “Dengan begitu kami yakin akan semakin banyak mahasiswa yang termotivasi untuk berprestasi,” tutupnya.

Nurul Padhila Bahar salah satu peserta yang berhasil meraih mendali perak mengatakan persiapan yang dilakukan sebelum perlombaan dan apa yang dilakukan kedepannya.

“Persiapannya memang dari POSI sendiri ada pelatihan soal beserta pembahasannya sebelum lomba. Selain itu, belajar dari soal-soal serta pembahasan olimpiadenya di internet,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa mengasah pengetahuan juga dilakukannya.

“Selanjutnya lebih ke mengasah pengetahuan saya dan banyak belajar lagi. Karena setelah mengikuti lomba ini, saya menyadari bahwa ternyata pengetahuan saya terhadap bidang itu masih belum maksimal. Mungkin kedepannya juga bisa lebih sering mengikuti lomba semakin terasah kemampuan dan semakin terukur sampai sejauh mana ilmu yang kita miliki,” tutupnya.

Penulis: Heni Handayani (Magang) 

Editor: Rahma Indah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami