FDK Kembali Gelar Workshop Metodologi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Firdaus Muhammad membuka workshop Metodologi di Lecture Teater FDK.

Washilah – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar kembali menggelar workshop metodologi bertempat di Lecture Theactre (LT) FDK, Senin (2/12/2019).

Kegiatan ini mengusung tema “Penelitian Metodologi Berbasis Kualitatif” dihadiri oleh dosen dari beberapa fakultas di UIN Alauddin Makassar dan juga dosen IAIN Palopo, Gorontalo, Manado serta mahasiswa Pascasarjana, dan mahasiswa semester akhir.

Moderator yang juga sekaligus Dosen FDK dan pengelola jurnal Dakwah tablig FDK,  Jalaluddin B M A mengatakan bahwa metodologi penelitian lebih cenderung subjektif, sehingga banyak orang yang meragukan hasil temuan-temuan kualitatif.

“Metodologi penelitian kualitatif lebih cenderung subjektif, ada yang berkata demikian jadi orang-orang kemudian¬† bertama dari paradigma konstitusi kuantitatif yang terkadang meragukan hasil temuan-temuan kualitatif karena dianggap terlalu subjektif,” jelasnya.

Selain itu narasumber Irwan Abdullah yang merupakan guru Besar Antropologi Budaya UGM mengatakan bahwa penelitian diartikan suatu usaha menjelaskan hubungan satu (X) dengan yang lainnya (Y).

Irwan Abdullah menambahkan bahwa penelitian yang baik yaitu penelitian mengupas secara tuntas suatu akar masalah.

“Penelitian yang bagus adalah penelitian yang mencari rahasia di balik kegagalan sesuatu, mencari rahasia dibalik keberhasilan sesuatu, dan mencari rahasia dibalik keperlanjutan,” jelasnya.

Penulis: Irmayanti (Magang)
Editor: Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami