Pemuda Transisional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dok Pribadi I Sigit

Oleh: Sigit

Pemuda merupakan tema lazim dalam penelitian tentang proses politik indonesia, setidak-tidaknya setelah kajian klasik Anderson tentang peran pemuda pada awal revolusi indonesia. Bagi Anderson fakta paling mencolok periode itu adalah peran sentral angkatan muda.

Melihat Keadaan politik indonesia yang semakin miris, Tentunya dibutuhkan suatu perubahan. Perubahan yang sangat berarti bagi bangsa indonesia. Karena itulah Peran pemuda sangatlah diperlukan, hampir pada semua kegitan pemilu peran pemuda cukup mendominasi. Benar kiranya bahwa dukungan pemuda dalam pemilu tak pernah surut. bukan saja di indonesia, disetiap negara manapun partisipasi pemuda senantiasa dominan.

Memang pada awalnya pemuda dalam dunia perpolitikan indonesia hanya berkontribusi sebagai masyarakat yang mempunyai hak pilih. Namun sebenarnya lebih daripada itu tidak hanya sekedar pemilih aktif, pemuda juga dapat ikut serta dalam kontestasi perpolitikan indonesia.

Kemampuan pemuda indonesia dalam perpolitikan tidak dapat diremehkan lagi. Pemikiran mereka yang kritis  terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah dapat menjadi suatu pembaharuan dalam dunia perpolitikan. banyaknya tampuk kekuasaan yang digugat hingga berhasil ditumbangkan menggambarkan sejatinya seorang pemuda adalah ” menggugat kekuasaan” sebagai pengawal perubahan.

Dalam kehdiupan politik saat ini partisipasi kaum muda memang dibutuhkan dalam tampuk kepemimpinan atau di dewan perwakilan baik di pusat maupun daerah. Itu mengapa adanya istilah regenerasi politik  yang maksudnya adalah mengganti posisi orang-orang tua dengan yang lebih muda.

Partisipasi pemuda dalam keterlibatan politik sangatlah dibutuhkan, tidak hanya bermodalkan sebagai pembaharuan fisik atau umur. Namun pandangan ataupun gagasan pemuda yang terefleksikan oleh visi dan misi kepemimpinanya juga harus menunjukkan semangat perubahan.

Pemuda dan politik adalah dua elemen yang tak terpisahkan dalam proses pembangunan suatu bangsa. mulai dari sini pemuda menunjukkan kontribusinya dalam pembangunan nasional, karena generasi yang sekarang tidak akan terus bertahan selamanya. Itulan ada transisi dari para pemuda sebagai generasi pengganti yang matang dan inovatif dalam membangun bangsa.

Pemuda adalah agen-agen perubahan suatu negara, dan dengan partisipasi mereka dalam kancah politik dapat membawa perubahan yang terdapat dalam demokrasi kita yang kian lama menjadi bobrok.

Sementara itu , Pemuda yang merupakan pelaku perubahan bangsa banyak dimasuki otoritas-otoritas yang mempunyai kepentingan pribadi, Mereka diharapkan mengubah diri mereka menjadi wahana yang tidak lagi menggugat tetapi justru melegitimasi dan membela rezim baru.

Menyikapi hal tersebut, Pemuda tidak boleh merasa tabu berbicara politik, Sebab pemuda memiliki posisi strategis dalam menentukan arah masa depan bangsa. Sumpah pemuda harus tetap terpatri dalam jiwa para pemuda, pada akhirnya pemuda merupakan pilar terpenting dalam kemajuan suatu bangsa.

*Penulis merupakan  Mahasiswa Jurusan Manajemen Haji dan Umroh Fakultas Dakwah ddan Komunikasi Semester II*

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami