PKPA FSH Undang Hakim MK RI Jadi Pemateri

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana penerimaan materi PKPA yang dibawakan oleh Hakim MK RI Prof Dr Aswanto di Ruang Rapat Senat FSH UIN Alauddin. Sabtu (19/08/2017).

Washilah – Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) bekerjasama dengan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin untuk yang ketiga kalinya menghadirkan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) Prof Dr Aswanto sebagai pemateri. Sabtu (19/08/2017)

Adapun materi yang dibawakan oleh Prof Aswanto adalah proses beracara di MK RI. Salah satu yang disampaikan yakni tentang 4 kewenangan MK.

“MK berwenang menguji UU terhadap UUD 1945, memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD 1945, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum,” jelasnya.

Prof Aswanto menjelaskan, ada beberapa komponen yang harus dipenuhi ketika membuat permohonan, diantaranya memuat kewenangan MK, legal standing pemohon, alasan pemohon, dan petitum.

Selain itu, ia juga mengulas mengenai perbandingan MK RI dengan MK luar negeri, serta berbagi pengalaman kepada peserta PKPA selama menjadi hakim di MK.

Penulis: Nur Isna

 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami