UIN Minim Beasiswa, Pengurus UKM Terancam Tak Dapat Jatah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Ilustrasi: if.its.ac.id

Washilah—Sore itu setelah pelantikan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Internasional Black Panter, Malikuddin Surgani Wahid keningnya berkerut, ia menyampaikan kekecewaannya mengenai tidak adanya beasiswa untuk pengurus UKM. di depan ruangan Bagian Kemahasiswaan Gedung Rektorat berjejer kursi, disana ia menceritakan kekesalannya itu.

“Sebelumnya saya ditawari beasiswa dari jurusan, tapi saya tolak karena di tahun sebelumnya ada beasiswa untuk pengurus UKM,” tutur mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) sekaligus Ketua Umum UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) itu.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni Drs Alwan Subhan MAg saat menyampaikan sambutan pelantikan UKM International Black Panther ia mengatakan untuk tahun ini pengurus UKM tidak mendapat jatah beasiswa.

“Kalau tahun sebelumnya pengurus UKM dapat beasiswa sampai lima orang setiap UKM, sekarang tidak ada,” ujarnya. Jumat (11/03/2016)

Saat dikonfirmasi langsung kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr St Aisyah Kara MA PhD mengaku tidak mengetahui jika ada beasiswa untuk pengurus UKM,“nanti saya chrosscheck,” katanya saat menaiki tangga menuju ruang kerjanya di Gedung Rektorat.

Tak jauh dari tempat itu diwaktu yang hampir bersamaan,  Kepala Bidang Kesejahteraan Mahasiswa Drs Mirsan menjelaskan jika penyebab tidak adanya beasiswa bagi pengurus UKM disebabkan karena adanya potongan kuota beasiswa dari Kementrian Agama (Kemenag).

Pada tahun 2015 lalu UIN Alauddin memperoleh kuota beasiswa tak kurang dari 1200 penerima, sedangkan untuk tahun ini hanya mendapatkan jatah sekitar 400 penerima. Menurutnya, inilah yang kemudian menjadi penyebab terancamnya beasiswa bagi pengurus UKM di tahun ini.

Selain itu, lelaki yang memiliki potongan rambut belah samping ini juga menambahkan, “jumlah penerima beasiswa miskin dan berprestasi di setiap Fakultas juga akan dikurangi,”.

Penulis  : Asrullah
Editor    : Fadhilah Azis

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami