Terobosan Baru HMJ PA, Mahasiswa Absen Dosen

Facebook
Twitter
WhatsApp
Gedung Fakultas Syariah dan Hukum
Washilah–Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peradilan Agama (PA) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) melaksanakan terobosan baru dalam absensi di jurusannya. Jika biasanya dosen yang mengabsen mahasiswanya, kini malah sebaliknya mahasiswa yang mengabsen dosennya. Hal ini pertama kalinya dilaksanan dalam proses akademik di UIN Alauddin Makassar.
Sistem ini merupakan program kerja dari HMJ PA tersebut. Alasan di bentuknya sistem ini karena dari pengalaman sebelumnya banyak dosen yang tidak masuk sehingga mahasiswa merasa dirugikan. “Ini tidak fair, kami sudah membayar tapi dosen tidak full dalam mengajar,” ujar Ketua HMJ PA Mutmainnah Syam.
Ia juga menambahkan bahwa program ini bertujuan untuk mengontrol dosen dan meningkatkan semangat dosen dalam melaksanakan tugasnya. “Setiap akhir bulan HMJ dan ketua tingkat masing-masing kelas di jurusan PA melaksanakan evaluasi,” katanya.
Sebagai penghargaan atas kinerja dosen, HMJ PA akan memberikan reward berupa piagam dan cendera mata kepada dosen yang rajin dan disiplin. Bagi dosen yang tidak memenuhi absensinya akan ditindak lanjuti oleh ketua jurusan.
Mengenai hal ini ketua jurusan PA Dr Abdul Halim Talli MAg telah menyetujui program kerja HMJ ini. “Hal ini bagus untuk membantu kami dalam memantau kehadiran dosen,” tuturnya. 
Ketua jurusan PA berharap hal ini dapat mengawasi dosen agar kegiatan perkuliahan sesuai dengan Silabi yang telah ada sehingga dapat menunjang meningkatnya akreditasi jurusan.    
Dosen yang mengajar di jurusan PA mengapresiasi adanya absensi ini. Meski begitu, hal ini seolah menunjukkan ketidakpercayaan mahasiswa terhadap dosennya.   
Laporan | Rachmat Saleh dan Nur Zahrah Azizah (Mag)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami