Gender dan Kekuasaan, Antarkan Nur Syamsiah Raih Gelar Doktor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Dra Nur Syamsiah 
Washilah–Dra Nur Syamsiah M Pdi berhasil meraih gelar Doktoral dalam bidang Ilmu pendidikan dan Keguruan, setelah berhasil mempertahankan desertasinya dihadapan penguji pada promosi doktor yang digelar di gedung Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Kamis (18/12).
Dosen pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini berhasil mempertahankan desertasi berjudul Relasi Gender dan Kekuasaan, Studi Kritis Tentang Penerapan Gender dalam Paradigma Pendidikan Islam, dengan nilai 3,78 (amat baik). Dra Nursyamsiah menyelesaikan pendidikan selama empat tahun, tiga bulan, 17 hari.
Pada promosi doktor ini, bertindak sebagai pimpinan sidang, Direktur Program Pascasarjana UIN Alauddin, Prof Dr Natsir Mahmud MA, Promotor dan co-promotor, Prof Dr H Abdulrahman Getteng, H Muhammad Wayong M ED PhD, dan Dr Muh Sabri AR M Ag, serta Dra Aisyah Kara PhD.
Dalam desertasinya, Dra Nur Syamsiah menjelaskan, penerapan relasi gender dan kekuasaan dalam paradigma pendidikan Islam, bagaikan dua hal yang saling mempengaruhi, yang diwujudkan dalam bentuk berbeda-beda, sesuai karakteristik setting sosial politik.
Sebagai bentuk solusi terhadap ketidakadilan yang masih terus melekat pada wanita yang merupakan penduduk mayoritas, Dra Nur Syamsiah menyarankan agar pria dan wanita sama-sama menanamkan kesadaran bahwa mereka masing-masing memiliki kelemahan sehingga harus saling menguatkan.
Ia juga menilai, kalau sekarang bukan lagi zaman memfokuskan penderitaan pada wanita saja, karena akan membuat laki-laki merasa terpojokkan yang kemudian akan menimbulkan resistensi yang lebih kuat.
Laporan | Redaksi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami