Dana Besar Akibat Besar Sponsor Rokok

Facebook
Twitter
WhatsApp
Prokontra mengenai sponsorship kegiatan mahasiswa dengan produk rokok di Universitas Islam Negeri  (UIN) memang masih jadi polemik. Civitaskampus sebagian menganggap tidak ada masalah namun tak sedikit pula yang menganggap ini salah. Keikut sertaan  produk rokok yang menjadi salah satu penyebab kematian akibat berbagai penyakit yang ditimbulkannya dianggap tak baik.
Baru-baru ini salah satu Fakultas yang ada di UIN mengadakanevent musik, dibantu penuh dalam segi pendanaanya oleh salah satu merek rokok ternama di Indonesia. Sudah menjadi harga mati tentunya pada saat mengikat persetujuan menjadi sponsor pihak penyokong dana meminta feed backatas sumbangsi yang mereka berikan.
Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai pengguna rokok terbesar di dunia dan mahasiswa merupakan konsumen paling berpengaruh. Hal tersebut pula yang membuat banyak produk rokok tergiur memberikan dana walau puluhan juta sekalipun. Sesuai pernyataan salah satu mahasiswa yang pernah menyelenggarakan event dengan sponsor utama merek rokok ternama mengaku, sponsor rokok bahkan menyanggupi memberikan dana puluhan juta untuk acara Mahasiswa.
Setelah mendapat dana otomatis ada perjanjian dari kedua pihak. Seakan tak ingin dirugikan, pihak sponsor mengajukan beberapa syarat yag berbau promosi produk mereka. Seperti yang terlihat pada acara terakhir di UIN melibatkan merek rokok dengan bendera promosi produk yang di pasang di sepanjang jalan masuk kampus. Mereka juga menugaskan beberapa Wanita cantik dengan pakaian minimnya mempromosikan produk kepada pengunjung acara. Dianggap Sangat jauh dari citra kampus UIN Alauddin Makassar yang beradab keislaman. Namun, tak bisa pula seluruhnya disalahakan pada pihak sponsor karena mahasiswalah yang mengajukan proposal acaranya. Hal tersebut harus menjadi perhatian pihak rektorat sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kampus UIN. Untuk mencapai kampus peradaban hal sekecil ini merupakan salah satu penghambat urgen dalam mencapainya(mn/wndy)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami