Ilmu Hukum Tekankan Konsep Integrasi Keilmuan dan Agama

Facebook
Twitter
WhatsApp
Laporan | Suryani Musi
Washilah Online – Banyaknya jenis-jenis jurusan dalam suatu universitas kadang kala membuat calon mahasiswa bingung untuk memilih. Daripada kita tidak tahu kemana kita akan beranjak dan bahkan bisa-bisa akan salah pilih, tidak ada salahnya untuk mencari tahu pekerjaan – pekerjaan apa saja yang dibutuhkan oleh dunia saat ini. Sehingga pada saat calon mahasiswa lulus dari universitas, calon mahasiswa dapat langsung mendapatkan lapangan pekerjaan.
Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) menawarkan konsep menekankan pada integrasi keilmuan dan agama. Mulai dari pengembangan Hukum Ekonomi Islam seperti pengembangan Perbangkan Islam, Asuransi Syariah Islam (Institusi Ekonomi dan Keuangan Islam).

Melihat fenomena tersebut, Jurusan Ilmu Hukum bisa saja menjadi terobosan baru dalam dunia Ekonomi Syariah. Karena jurusan ini juga menekankan pada kompetensi pada bidang Hukum Tata Negara, Perdata, Hukum Perdata, Hukum Ekonomi, dan Hukum Agraria.

Untuk mencapai wilayah pemaksimalan pada pelayanan pada mahasiswa ketua Jurusan Ilmu Ekonomi, Hamsir, S. H,. M. H menyatakan bahwa pada tahun 2014 akan berusaha mengejar target pencapaian akreditasi maksimal.

“Insya Allah, tahun 2014 kami akan usahakan untuk mendapat akreditasi maksimal,” kata Hamsir.

Selain itu jurusan ini berorientasi pada kompetensi Jurusan. Semester IV, mahasiswa sudah bisa memilih jurusan mana yang dicondonginya. Ketika jurusan ini kelak berhasil meraih akreditasi yang maksimal, maka kemungkinannya akan ditambahkan ke program pasca sarjaan di UIN.

“Tidak menutup kemungkinan jurusan ini akan dibukakan program pasca sarjana di UIN. Telah banyak yang menjadi professor dan doktor di bidang ini,“ tambahnya.


Soal lapangan kerja, alumni jurusan ini terbuka di banyak sektor. Bisa di Pemerintahan, Kejaksaan, Kepolisian, dan Kehakiman serta sektor lainnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami