Perjuangan Tak Selamanya Berakhir Indah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Penulis | Agus
Washilah Online – “Aku tak bisa luluhkan hatimu dan aku tak bisa menyentuh cintamu”.
Siapa yang tak kenal Padi Band? Mereka merupakan salah satu Band yang fenomenal di blantika music Indonesia, bagaimana tidak lagu-lagunya yang sangat asik dinikmati serta mudah dicerna menjadikan band tersebut tetap eksis hingga sekarang. Pada dasarnya penulis tidak ingin mempromosikan band tersebut, melaikan hanya sekedar mengangkat sepenggal lirik pada salah satu lagunya yang populer pada era 90-an.

Sejenak ketika kita membaca lirik lagu tersebut tentu kita berasumsi bahwa keseluruhan isi lagu menceritakan tentang sebuah kisah seseorang tuk menyakinkan betapa tulus cintanya kepada pujaan hatinya namun ternyata masih belum berhasil. Hal tersebutlah mungkin disebut “Perjuangan mendapatkan cintanya”

Bicara tentang perjuangan, tentu hal yang patut disandingkan dengannya merupakan Pengorbanan, karena dimana ada perjuangan tentu haruslah ada sebuah pengorbanan, alkisah pada zaman Rasulullah melakukan perjuangan menyebarkan ajaran islam, tentu memiliki sejuta pengorbanan yang amat berati, beliau harus mengorbangkan waktunya, tenaganya, hingga hartanya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Berbagai jalur pun beliau tempuh mulai dari jalur berdakwah, diplomasi, hingga melakukan peperangan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Semua itu merupakan pengorbanan dalam perjuangan Rasulullah. Ini merupakan sedikit gambaran tentang sebuah perjuangan, ketika sedang berjuang, baik itu berjuang untuk hidup layak, berjuang untuk lulus kuliah, berjuang mendapatkan pekerjaan yang layak hingga berjuang karena cinta tentu konsekuensi logis yang harus diterima yaitu haruslah ada pengorbanan.


Berjuang tidak terasa lengkap ketika bumbu pengorbanan tidak dituangkan. Penulis teringat kisah cinta seorang rekannya, yang berjuang tuk mendapatkan cinta pujaan hatinya. Rekan tersebut sangat menyukai seorang gadis karena kesederhanaan cara berfikirnya, berpakaiannya, hingga sederhana dalam tingkahnya, rekan saya itu tidak dapat menyembunyikan perasaannya kepada wanita tersebut, dia selalu berusaha memberikan yang terbaik buat pujaan hatinya ini, mulai memberikan perhatian kepadanya hingga berusaha melakukan hal yang disukainya. Rekan saya tersebut telah beberapa kali mengutarakan perasaanya kepada wanita tesebut namun hasilnya jauh dari harapan, wanita tersebut selalu memiliki berbagai alasan tuk tidak menerimanya. Namun rekan saya tersebut, tidak putus asa karena katanya dia sementara berjuang. Karena menurut hamat rakan saya bahwa disinilah titik keindahanya ketika berjuang mendapatkan serta menyakinkan kepada pujaan hatinya bahwa dia mampu menjadi yang terbaik. Hari demi hari berlalu rekan saya hanya bisa berusaha dan berjuang mengorbankan waktunya hingga perasaannya tuk menyakinkan wanita tersebut namun sampai detik ini hasilnya masih sama. Dia masih mengalami hal seperti awalnya. Namun perjuangannya masih tetap berlangsung hingga saat ini.

Perjuangan membutuhkan pengorbanan. Ini merupakan pepatah lama namun masih sering kita dengarkan. Tak dapat dipungkiri bahwa ketika kita berjuang tuk mendapatkan sesuatu tentu haruslah dibarengi dengan pengorbanan namun perlu juga diketahui bahwa ternyata ketika telah berkorban tidak menutup kemungkinan apa yang kita inginkan dapat tercapai dan juga tidak menutup kemungkinan bahwa apa yang diharapkan dalam perjuangan tersebut tidak dapat dicapai, seperti sepenggal lagu dari padi band tadi. Namun sebagai bahan renungan penulis hanya berharap tetaplah berjuang dan berkorban dengan hati yang ikhlas. Masalah hasil serahkan saja kepada Sang Pencipta.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami