Sistem Informasi Terintegrasi Akan Diterapkan di UIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan: Hambali
Sebuah proses komunikasi yang begitu dekat. Seorang mahasiswa yang ingin melihat nilai/prestasi kuliahnya tak perlu repot ke Fakultas, dan mencatat nilainya di jurusan. Cukup dengan membuka salah satu fasilitas komputer di wilayah kampus, dan mengupload file berisi transkrip nilainya ke sebuah FD, dan tinggal print. Atau, seorang Rektor yang ingin mengetahui data-data/laporan indeks prestasi mahasiswa, melihat aktivitas di setiap unit kerja kampus, dan berbagai data lainnya, tak perlu lagi memerintahkan bawahannya untuk pergi, dan mengambil data-data tersebut di Unit yang bersangkutan. Ia hanya perlu duduk santai di depan komputer ruangannya, dengan secangkir teh hangat di sampingnya, mengutak-atik komputer, dan membuka data-data yang ia ingin tahu.

Barangkai seperti itu, gambaran kampus ke depan, jika Sistem Informasi Terintegrasi diterapkan. Ketua Pusat Informasi dan Komputer (Puskom), Ridwan Andi Kambau ST M Kom, pada Jumat, 20 Agustus lalu, mensosialisasikan Sistem Informasi Terintegrasi ini di depan seluruh Unit Kerja UIN, terdiri dari Akademik, Administrasi, Kemahasiswaan, dan Kerjasama. Sistem tersebut dilaksanakan oleh salah satu anak perusahan Universitas Gajah Mada (UGM) bernama Gamatechno, yang bergerak dalam pengembangan System Informasi Terintegritas.
Ditemui reporter saat setelah Jumatan, di ruang yang sempit dan dipenuhi Peralatan Instalasi jaringan di lantai 4 gedung rektorat UIN Alauddin Samata Gowa, pria bertubuh agak bongsor ini mengatakan, ”Saya ingin nantinya UIN memakai system Informasi yang Terintegrasi, agar tidak ada lagi penginputan data-data yang berulang dilakukan masing-masing unit kerja UIN.
Jadi nantinya hanya tinggal sekali pengimputan,” ungkapnya. Ridwan juga menambahkan, ”nantinya laporannya akan terpusat. Jadi pimpinan akan dapat melihat seluruh aktivitas unit kerja melalaui komputer saja,”.
Sosialisasi Gamatechno belum mengikat kerjasama dengan UIN
Sosialisasi Pengembangan Sistem Informasi Integrasi yang dilakukan oleh Gamatechno yang di bawakan oleh manager Promotion Yuzal, belum tentu melahirkan kerjasama. “Tapi, saya berharap siapapun nantinya perusahan yang akan bekerjasama dengan UIN memiliki konsep yang bagus seperti gamatechno dalam pengembangan system Informasi Terintegrasi yang nantinya akan kita pakai,” terang Ridwan.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami