Nasib Fisipol di Tengah Wacana Pembentukan FK

Facebook
Twitter
WhatsApp
Spanduk bertuliskan "HI butuh Fisipol" yang dibentangkan saat Pengenalan Budaya Akademik Kampus UIN Alauddin Makassar. | Foto : Istimewa

Washilah – Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis berencana mendirikan Fakultas Kedokteran (FK). Wacana ini di sampaikannya saat menghadiri serah terima jabatan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) beberapa waktu lalu.

“(Bu Dekan FKIK) agar menyiapkan pemisahan FKIK, karena Kalau FK berdiri FIK juga berdiri, maka ini jalan,”ujarnya.

Diketahui sebelumnya sudah ada wacana pendirian fakultas baru yakni, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) yang sudah diwacanakan sejak 2016 silam namun hingga saat ini belum menuai hasil.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) pendirian Fisipol, Syahrir Karim yang ditemui Washilah menjamin bahwa penggodokan Fisipol tidak akan terganggu dengan wacana pendirian FK.

Syahrir mengatakan pendirian Fisipol sudah mendapat rekomendasi dari Senat Universitas, Ia juga mengatakan pihaknya terus menyiapkan berkas pendirian yang akan di ajukan ke kementerian.

Meski prosesnya, kata Syahrir masih ada kendala seperti status Ilmu Politik dan Sosiologi Agama masih dalam naungan Kementerian Agama—status pendirian fakultas baru jurusan harus dibawah naungan kementerian pendidikan. Meski begitu pihaknya masih optimis akan pendirian Fisipol.

“Tapi kami tidak tinggal diam, kami akan segera mengadakan pertemuan (dengan Pansus lain) membahas kendala yang dihadapi dan menindaklanjuti instruksi Rektor,” katanya kepada Washilah, Senin (2/10/2023).

Menurut Syahrir, Prof Hamdan sebagai Rektor telah memberikan isyarat “lampu hijau” untuk pendirian Fisipol ini di periode keduanya.

Washilah berusaha mengonfirmasi itu ke Prof Hamdan pada Senin (2/10/2023) namun dirinya belum bisa di temui.

Sementara itu, Ketua HMJ Ilmu Politik Fathurrahman mengatakan Fisipol adalah sebuah identitas yang melekat terhadap jurusan sosial terutama ilmu politik. Menurutnya Fisipol adalah rumah dari jurusan sosial.

“Bagaimana fokus dari sebuah jurusan itu memberikan ciri khas,” katanya.

Ketua HMJ Sosiologi Agama, Arfan menganggap pendirian Fisipol adalah kabar gembira dari pihak kampus. Ia berharap adanya Fisipol bisa membuka ruang baru.

“Mudah mudahan adanya fakultas fisipol mampu memberikan ruang bagi mahasiswa sosial politik,” tuturnya.

Penulis: Hardiyanti (magang)

Editor: Irham Syahril

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami