Wakil Dekan III FTK Ikut Tolak Pelecehan Seksual di Lingkungan Kampus

Facebook
Twitter
WhatsApp
WD III FTK UIN Alauddin Makassar, Dr Ilyas, menandatangani petisi dukung dan wujudkan ruang aman dari kekerasan seksual di Lingkungan Kampus, Rabu (8/12/2021).

Washilah – Wakil Dekan (WD) III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar, Dr Ilyas, ikut menolak dan menentang keras tindakan pelecehan dan kekerasan seksual di lingkungan Kampus.

Pernyataan itu dilontarkan saat massa aksi Solidaritas Perlawanan Kekerasan Seksual (SPeKS), berada di pelataran FTK melakukan orasi, Rabu (8/12/2021).

“Saya tidak senang dengan adanya kekerasan seksual sebagai tindakan tidak terpuji, agama saja jelas melarang. Kita harus membela hak-hak perempuan, kita tidak ingin perempuan itu terzhalimi,” tegas Ilyas usai menandatangani petisi untuk mendukung dan mewujudkan ruang aman dari kekerasan seksual di UIN Alauddin Makassar.

Selain ikut mendukung massa aksi, ia mengatakan, jika pihaknya telah berkoordinasi dengan organisasi gender guna membuat regulasi yang dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual di Kampus.

“Saya kira seluruh pimpinan UIN Alauddin mendukung gerakan ini, sebagai tindakan preventif dan antisipasi untuk menghindari terjadinya kekerasan seksual berkelanjutan,” jelasnya.

Di sisi lain salah seorang massa aksi, Arni mengatakan kekerasan seksual sepatutnya tidak terjadi di Lingkungan Kampus. Mahasiswi Bahasa dan Sastra Inggris itu, juga berpendapat bahwa Dosen sebagai pengajar, juga harus bertindak sebagai pelindung bukan malah menjadi pelaku seperti yang terjadi di Kampus lain.

“Dosen yang sejatinya sebagai pendidik dan pelindung, justru menyalahgunakan profesinya dengan menunjukkan diri sebagai orang yang punya kuasa dan bisa seenaknya,” pungkasnya.

Penulis: Mufadhdhal Raihan Al Asyraf Yusuf (Magang)
Editor: Ardiansyah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami