Bahas Peluang dan Tantangan Perpustakaan, Jurusan IP Adakan Seminar Nasional

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pemaparan materi dari Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, Irvan Mulyadi dalam Seminar Nasional yang sedang berlangsung di LT Fakultas Adab dan Humaniora. Rabu (08/12/2021).

Washilah – Jurusan Ilmu Perpustakaan (IP) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Alauddin Makassar, adakan Visiting Lecturer sekaligus ┬áSeminar Nasional yang membahas Peluang dan Tantangan Ilmu Perpustakaan dan Sains di Lecture Theatre (LT). Rabu (08/12/2021).

Seminar Nasional ini, menghadirkan narasumber dari perwakilan Jurusan IP di tiga Universitas berbeda, yakni Irvan Mulyadi dari UIN Alauddin Makassar, La Ode Rusadi dari Universitas Islam Makassar (UIM) dan Ibu Ismaya dari Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen).

Selain perwakilan Jurusan, Mahasiswa dari ketiga Universitas itu juga ikut andil dalam seminar tersebut.

Ketua Jurusan IP UIN Alauddin Makassar, Irvan Mulyadi mengatakan salah satu tantangan bagi pustakawan adalah pemustaka itu sendiri.

“Tantangan yang umum bagi pustakawan adalah penggunaannya sendiri dalam hal ini biasa dibilang pemustaka, karena rata rata pengguna sekarang maunya serba cepat aksesnya,” kata Irvan Mulyadi.

Selanjutnya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi UIM, La Ode Rusadi melihat Jurusan IP bisa membaur dimana saja.

“Kalau di UIN sendiri di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora, kalau di UIM dia dibawah naungan Fakultas Saintek, itu berarti IP ini seperti Bunglon bisa membaur dimana saja,” ungkapnya.

Lanjut, Ia juga mengatakan perlu riset sebelum menjastifikasi suatu tantangan, karena tantangan bisa saja menjadi peluang.

Sementara itu, Ketua Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Unimen, Ismaya memberi motivasi kepada peserta sebagai calon Pustakawan masa depan.

“Peserta disini merupakan calon pustakawan yang bisa menjadi agen of change dan kawan kawan mahasiswa harus pintar memfilter informasi yang didapatkan di internet”, ungkapnya.

Penulis: Astiti Nuryanti (Magang)
Editor: Ardiansyah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami