Desak Normalisasi UKT-BKT, Mahasiswa UIN Alauddin Lakukan Demonstrasi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Susana Massa aksi saat mencoba mendesak masuk menemui Rektor di Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar.

Washilah – Aliansi Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Bersatu mnlakukan aksi demostrasi dengan grand isu “Normalisasi UKT-BKT di UINAM”, berlangsung di Gedung Rektorat UIN Alauddin Makassar, jumat (16/07/2021).

Demostrasi yang berlangsung mulai pukul 14.30 siang itu awalnya berjalan kondusif, namun tidak berselang lama sekitar pukul 15.18 terjadi saling dorong antara massa aksi demonstrasi dan petugas keamanan kampus. Hal ini dipicu karena massa yang mencoba masuk ke gedung rektorat untuk menemui Rektor Prof Hamdan Juhannis dihalang oleh petugas keamanan.

Aksi ini dipimpin oleh Sekretaris Jenral Dewan Mahasiswa Universitas (Dema-U) sekaligus jenral lapangan Ahmad Rahmat, dalam tuntutannya terdapat tiga poin yaitu Optimalisasi peninjauan UKT, Pengurangan UKT 50% secara General, dan Pembebasan UKT semester sembilan ke atas.

Selain itu, Ahmat Rahmat mengatakan sangat mengharapkan respon dari pimpinan untuk membuat regulasi tentang pengurangan UKT dan Pembebasan UKT semester sembilan ke atas.

“Respon yang diharapkan yaitu untuk membuat regulasi pengurangan UKT dan pembebasan UKT semester sembilan ke atas,” harapnya.

Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu hukum ini menambahkan, sembari menunggu kebijakan pimpinan, ada beberapa variabel yang akan ditempuh, semisal propoganda media dan evaluasi lanjutan.

Sekitar dua jam massa aksi melakukan demonstrasi, pukul 16.26 WITA, Wakil Rektor III Prof Darussalam Syamsuddin menemui massa aksi di depan gedung Rektorat, ia mengungkapkan perihal kebijakan atas tuntutan yang disampaikan Mahasiswa nantinya akan diputuskan di dalam Rapat Pimpinan (Rapim).

“Tunggu beberapa hari kedepan setelah Rapim. Namun untuk kapan waktu pelaksanaan Rapim saya tidak bisa putuskan sendiri. Itu perlu kesepakatan pimpinan,” bebernya.

Lebih lanjut, mantan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum ini menegaskan, Rapim pastinya akan dilaksanakan sebelum masa pembayaran UKT.

“InsyahAllah sebelum masa pembayaran akan Rapim,” tutupnya.

Penulis : A. Resky Satrio

Editor : Ardiansyah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami