Mahasiswa FST UIN Alauddin Raih Best Project Bidang Kuantum Kimia di Rusia

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto Mahasiswa FST UIN Alauddin yang meraih Best Project Bidang Kuantum Kimia di Rusia.

Washilah – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar kembali menorehkan prestasi di event Internasional.

Ulfiyah Ningsih, merupakan Mahasiswi semester IV dan Muh Taufiq M, alumni Prodi Kimia yang telah mengikuti Wisuda Periode April 2021.

Kedua Mahasiswa tersebut berhasil meraih The Best Project in the Field of Quantum Chemistry yang diadakan oleh Bauman Moscow State Technical University dan Russian Youth Engineering Society.

Menurut Ulfiyah Ningsih, prestasi tersebut diraih setelah mengirim abstrak Karya Tulis Ilmiah (KTI), kemudian mengirim paper. Dan berakhir presentasi di bulan April 2021 awal Ramadhan secara online.

Judul karya yang dikirim yakni QSAR Analysis and Design of a new aminoalkanol xanthone derivative compound as anticancer.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskriptor yang dapat mempengaruhi aktivitas antikanker senyawa turunan aminoalkanol xanton,” bebernya.

Ia juga berharap kedepannya bisa kembali mengikuti event International. Selain itu, Ia berpesan kepada Mahasiswa UIN Alauddin jangan pernah takut mengikuti event Internasional karena keterbatasan bahasa asing.

“Jangan pernah takut mengikuti event Internasional karena keterbatasan kemampuan bahasa asing, tapi coba saja dulu karena mau tidak mau pasti kalau ikut event Internasional akan bisa berkomunikasi dengan sendirinya menggunakan bahasa asing,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Muh Taufiq, ia mengatakan kalau tujuan lain penelitian ini adalah untuk model persamaan HKSA terbaik pada senyawa turunan Aminoalkanol Xanthone terhadap aktivitas antikanker menggunakan analisis regresi multilinear

“Di penelitian itu kami buat Modivikasi senyawa dari turunan aminoalkanol Xanthone. Itu senyawa Xanton berasal dari kulit buah manggis yang bisa digunakan sebagai penghambat 50% aktivitas antikanker,” ucapnya.

Taufik juga berharap dengan mendapat penghargaan ini mampu lebih memotivasi dirinya untuk lebih giat mengikuti event-event Internasional lainnya.

“Saya juga berharap setelah mendapat pengharagaan ini bisa membantu saya mendapatkan Beasiswa untuk Study saya,” tutubnya.

 

Penulis : A. Resky Satrio (Magang)

Editor : Ulfa Rizkia Apriliyani

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami