Prodi Ilmu Peternakan Gelar Seminar Perdana di Tahun 2021

Facebook
Twitter
WhatsApp
Berlangsungnya sesi tanya jawab yang di moderatori Amriana Hifizah pada seminar nasional Ilmu Peternakan, Rabu (24/02/2021).

Washilah – Program Studi (Prodi) Ilmu Peternakan (IP) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar menggelar Seminar Nasional pertama di tahun 2021 secara daring via zoom dengan mengusung tema “Pengembangan Pakan Unggul dan Feed Aditif Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal”. Rabu (24/02/2021).

Kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang di selenggarakan oleh pihak akademisi (Dosen) prodi Ilmu Peternakan (IP). Dan menghadirkan dua narasumber kompeten di bidangya, yaitu. Ir. Nafiatul Umami, selaku dosen Universitas Gajah Mada (UGM) dan Ir. Andi Mushawwir, selaku Dosen Universitas Padjajaran.

Seminar yang di buka langsung oleh Prof. Dr. Muhammda Halifah selaku Dekan FST, dimana dalam sambutannya menuturkan bahwa kita sebagai masyarakat perlu juga memperhatikan kesehatan hewan ternak dengan dengan memberikan pakan yang terbaik dan unggul.

“Dalam menciptakan pakan unggul serta bahan-bahanya terbaik kita memerlukan ide-ide, fikiran, serta tindakan yang dapat menghasilkan bahan-bahan yang bisa menjadi stimulasi,” tuturnya.

Dilain sisi Ir. Nafiatul Umami, Dosen UGM menjelaskan terkait Pengembangan Hijau Pakan sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas ternak.

“Bahwa dengan adanya perbaikan tanaman dapat memperbaiki mutu Hijau pakan yakni dengan menggunkan cara mutasi, transformasi serta cross breeding. Selain itu juga dapat menggunakan Mutage fisika dalam melakukan pemulihan tanaman, dan juga kita dapat mengintroduksi tanaman dalam meningkatkan keragaman untuk kualitas pakan tersebut,” Jelasnya.

Lanjut narasumber kedua Ir. Andi Mushawwir Dosen Universitas Padjajaran, yang menjelaskan terkait Natural Ekstrak sebagai Immunomodulator dan stimulan Metabolisme Ternak.

“Bagaimana meningkatkan kualitas melalui imput Natural Extrak, selain itu ia juga menjelaskan manfaat dari Natural Extrat dan Feed Aditi serta penambahan-penambahan kitosan serta bahan lain yang di peruntukan bisa melakukan rekayasa pakan yang kemudian nantinya dapat menghambat lipogeni,” tuturnya.

Sementara itu Dr. Muhammad Nur Hidayat selaku Dosen IP berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa Ilmu Peternakan UIN Alauddin makassar serta seluruh masyarakat secara umum dapat menambah wawasan juga ilmu sekaligus memahami pentingnya pemahaman terhadap objek ternak melalui seminar kali ini.

“Dengan adanya kegiatan ini di harapkan agar mahasiswa dan industri peternakan terutama di sulawesi selatan tentunya dapat lebih berpotensi menjadi lebih baik lagi kedepannya. Yang mana dengan adanya pemanafaataan potensi sumber daya lokal untuk menjadi pakan dan menjadi aditi pakan,” harapnya.

Penulis : Yopi Yolandasari (Magang)

Editor : Agil asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami