Ketua Jurusan Ilmu Falaq Beri Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Terlihat Dr Fatmawati M Ag saat sedang memberikan teori sekaligus praktek terkait pelatihan penyelenggaraan jenazah yang berlansung di masjid Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, Rabu (25/12/2019).

Washilah – Pihak Pimpinan UIN Alauddin Makassar menyambangi lokasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Angkatan 61 yang disertai pelatihan penyelenggaraan jenazah, berlangsung di masjid Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Rabu (25/12/2019).

Pelatihan penyelenggaraan jenazah dibawakan oleh Dr Fatmawati M Ag selaku Ketua Jurusan (Kajur) Ilmu Falaq Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar.

Fatmawati yang juga Pembina Pramuka UIN Alauddin dan Ketua Ikatan Da’iyah (IKADY) Gowa ini memberikan materi pelatihan mulai dari tata cara menghadapi orang yang sakaratul maut hingga selesai dikuburkan.

“Saya memulai pelatihan ini dengan pembahasan materi dari tatacara menghadapi orang yang sakaratul maut, memandikan, mengkafani, mensalati hingga menguburkannya,” tuturnya.

ia juga menjelaskan dengan adanya pelatihan ini dapat memotivasi masyarakat untuk berlomba-lomba menjadi penyelenggara jenazah.

“Karena Rasulullah Saw. Melalui hadisnya telah menjanjikan ganjaran pahala yang besar bagi mereka yang mau menjadi penyelenggara jenazah. Yaitu dengan ganjaran satu qirath bagi setiap prosesi penyelenggaraan jenazah, satu qirath itu dijelaskan Rasulullah Saw. A’dhamu min jabali uhudin (lebih besar dari gunung Uhud). Oleh karenanya, mari ibu dan bapak jangan mau ketinggalan dalam setiap prosesi penyelenggaraan jenazah,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan basmalah adalah hal yang penting dalam setiap prosesi menghadapi jenazah.

“Saya tidak menyampaikan bacaan-bacaan dalam setiap prosesi penyelenggaraan jenazah selain Basmalah, agar tdk ada keraguan bagi bapak dan ibu yang akan menjadi penyelenggara jenazah hanya karena tidak hafal doa-doanya. Bagi yang sudah terbiasa boleh melengkapi bacaannya nanti,” lanjutnya.

Dekan FSH UIN Alauddin Makassar, Dr H Muammar Muhammad Bakry Lc M Ag saat mengunjungi mahasiswa KKN menyampaikan beberapa materi penting mengenai kehidupan sosial umat beragama.

“Pentingnya kita menghidupkan majelis taklim, bagaimana cara kita menjaga kerukunan antar umat beragama, dan adat istiadat dalam masyarakat khususnya dalam masalah penyelenggaraan jenazah jangan langsung diharamkan,”pungkasnya.

Lebih lanjut, Muammar Bakry menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Liliriaja telah menerima mahasiswa UIN Alauddin Makassar dengan baik.

“Atas nama pimpinan UIN Alauddin Makassar mengucapkan banyak terima kasih atas penerimaan mahasiswa UIN Alauddin di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Liliriaja, dan memohon maaf sekiranya ada yabg salah dan khilaf dari mahasiswa-mahasiswa kami,” tutupnya.

Penulis: Viviana Basri & Ardiansyah Safnas (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami