Bupati Gowa Hadiri Pengamatan Gerhana Matahari Cincin

Facebook
Twitter
WhatsApp
Terlihat salah satu dosen Jurusan Ilmu Falaq sedang menjelaskan terkait fenomena langka yang berlansung di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa, Kamis (26/12/2019).

Washilah – Jurusan Ilmu Falaq Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Gowa Sulawesi Selatan menggelar Pengamatan dan Salat Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dihadiri langsung Bupati Gowa. Berlangsung di Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa, Kamis (26/12/2019).

Beberapa alat disediakan oleh Jurusan Ilmu Falaq FSH UIN Alauddin Makassar untuk membantu mahasiswa dan masyarakat di sekitar Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa yang antusias untuk mengamati fenomena langka ini.

Ketua Jurusan (Kajur) Ilmu Falaq, Dr Fatmawati M Ag menyampaikan tidak menyangka pengamatan sekaligus salat gerhana yang digelar akan sebesar dan semeriah ini.

“Saya tidak menyangka sekali bahwa kegiatan akan sebesar dan semeriah ini, sebab di samping kami disibukkan oleh persiapan akreditasi prodi, juga harus mempersiapkan kegiatan ini,” tuturnya.

Lanjut, Dr Fatmawati juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Gowa atas kehadirannya dikegiatan ini.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Adnan selaku Bupati Gowa yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir di kegiatan kali ini, meski sebelumnya kami tak menyangka bahwa beliaulah yang akan langsung menghadiri kegiatan ini,” jelasnya.

Sekretaris Jurusan Ilmu Falaq Dr Rahma Amir M Ag, menyampaikan harapannya agar nama Jurusan Ilmu Falaq lebih besar dan dikenal oleh banyak orang.

“Saya berharap kita terkhususnya di Jurusan Ilmu Falaq FSH UIN Alauddin Makassar bisa tetap bersosialisasi dan sama-sama membesarkan nama Ilmu Falaq dengan memperluas kerja sama dengan instansi pemerintahan lainnya, seperti Kementerian ketenagakerjaan dan yang lainnya. Sebab jurusan kita ini hanya ada lima di seluruh Kampus di Indonesia dan kita adalah yang ketiga,” harapnya.

Di sisi lain salah satu mahasiswa UIN Alauddin Makassar, Abd Razak Usman juga menanggapi positif kegiatan ini.

“Saya melihat kegiatan ini adalah sebuah fenomena langka yang di mana tidak terjadi di setiap tahunnya,” ucapnya.

Lanjut, mahasiswa asal Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa ini juga menambahkan harapannya terkhusus untuk Jurusan Ilmu Falaq dan seluruh lembaga pengamat benda-benda langit.

“Saya harap tak hanya Jurusan Ilmu Falaq FSH UIN Alauddin Makassar yang menyambut dengan antusias adanya pengamatan seperti ini, tapi juga dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, terkhususnya mereka yang gemar melakukan pengamatan benda-benda langit,” tambahnya.

Penulis: Ardiansyah Safnas (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami