Pengabdian Masyarakat, Prodi Ilmu Politik UIN Alauddin Kembangkan Desa Binaan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto bersama Dosen, Mahasiswa dan pemuda Desa Kanreapia.

Washilah – Program studi (Prodi) Ilmu Politik Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik (FUFP) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, melakukan pengembangan desa binaan, Minggu (30/06/2019)

Desa binaan ini sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat berlokasi di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa.

Pengabdian kali ini, mengangkat tema “Penguatan masyarakat sipil untuk meningkatkan kualitas pemuda desa”.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Ilmu Syahrir Karim mengatakan, kunjungan kali ini untuk meningkatkan kualitas pemuda dalam mewujudkan desa yang lebih baik.

“Temanya penguatan masyarakat sipil, kenapa hal itu muncul, karena ketika pemuda itu kuat semua akan berjangka panjang untuk menciptakan desa atau wilayah yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu,  bukan hanya pemuda Desa kanreapia saja yang ikut serta, akan tetapi juga di hadiri beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP) yang berada di Kecamatan Tombolo Pao.

Kegiatan ini, disambut baik Kepala Desa Kanreapia H. Rusli yusuf. Ia berharap agar program dari Prodi Ilmu Politik dapat berkelanjutan untuk meningkatkan kulitas SDM Desa Kanreapia.

“Program ini sangat baik untuk menjadi acuan kedepannya, apa lagi pemuda sebagai generasi penerus, bukan hanya dalam konteks desa tetapi juga untuk bangsa dan negara. Saya berharap kedepannya, kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat sipil yang progresif sebagai generasi pelanjut,” ujarnya.

Selain itu, para tokoh pemuda sangat berantusias hadir dalam kegiatan tersebut. Salah satunya Nasrullah, ia mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa untuk meningkatkan kualitas berpikir para pemuda desa.

“Program ini luar biasa karena kami di berikan ruang untuk menyampaikan apa yang selama ini menjadi problem yang selalu kami hadapi,  selain daripada itu kami juga mendapatkan ilmu yang luar biasa,” katanya.

Penulis: Hendra (Magang)
Editor: Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami