Pedagang Asongan Ramaikan Lokasi UMM

Facebook
Twitter
WhatsApp
Proses jual beli ATK antara pedagang dan peserta UMM, bertempat di MAN 2 Model Makassar, Minggu (21/07/2019).

Washilah – Sejumlah pedagang Alat Tulis Kantor (ATK) turut meramaikan proses Ujian Masuk Mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar. Mereka nampak menjajakan beberapa keperluan ujian seperti papan pengalas, pensil, rautan, penghapus juga tisu di sepanjang jalan depan gerbang Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar hingga ke halaman parkiran sekolah, Minggu (21/07/2019).

Antusias para pedagang dibuktikan dengan mereka membuntuti peserta ujian dari depan gerbang lokasi ujian hingga ke halaman parkiran. Kondisi tersebut membikin sebagian peserta merasa terganggu.

“Keberadaan mereka sedikit mengganggu karena ketika kita masuk ke lokasi ujian, mereka menyosor kami sehingga barang dagangan mereka hampir mengenai wajah,” jelas salah satu peserta UMM, Marwa.

Meski ia merasa terganggu, sambung Marwa, untuk sebagian peserta yang lain malah merasa terbantu. Menurutnya, beberapa peserta tidak kesulitan mencari ataupun harus keluar kembali dari lokasi ujian untuk mencari perlengkapan yang mereka butuhkan.

“Sedikit membantu peserta ujian karena terkadang ada peserta yang lupa atau tidak membawa alat tulis yang mau dipakai saat ujian,” ujar perempuan asal Gowa itu.

Di lain sisi, salah satu pedagang Putri mengaku hanya ingin membantu ibunya di sela-sela libur sekolah. “Hari ini libur sekolah jadi saya bantuki mamaku untuk jualan, kemarin saya juga jualan di ujian SBMPTN,” tutur remaja berusia 16 tahun itu.

Reporter : Rena Chaerunnisa (magang)
Editor : Suhairah Rasyid

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami