HMJ Ilmu Peternakan gelar Penyuluhan di Desa Pattalassang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto bersama mahasiswa Ilmu Peternakan saat melakukan penyuluhan di desa Pattalassang, Kabupaten Gowa. Minggu (07/07/2019)

Washilah – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar gelar Penyuluhan Peternakan, bertempat di Desa Patallasang, Kabupaten Gowa. Minggu (07/07/2019).

Penyuluhan ini mengangkat tema “Aktualisasi Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pembangunan Sub Sektor Peternakan” yang berlangsung sejak tanggal 6 Juli hingga 7 Juli 2019.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 peserta ini, terdiri dari sejumlah mahasiswa jurusan Ilmu Peternakan bersama dengan masyarakat setempat dengan pemberian materi dari para narasumber dan dosen dari jurusan Ilmu Peternakan.

Ketua HMJ Ilmu Peternakan, Syayyidul Istigfar menjelaskan setelah pemberian materi yaitu mahasiswa turun langsung ke lapangan untuk melakukan penyuluhan tentang peternakan.

“Hari pertama berlangsung pembukaan serta penyampaian pemateri oleh para narasumber sekaligus dosen dari jurusan kami, kemudian hari ke dua kita terjun ke masyarakat terkhususnya yg mempunyai ternak melakukan penyuluhan tentang peternakan serta bagaimana cara mengatasi permasalahan-permasalahan pada ternak warga serta memberikan penanganan yang didampingi oleh teman-teman yang sudah ahli,” ujarnya.

Syayyidul menambahkan, selain sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat, kegiatan ini juga ditujukan agar mahasiswa dan masyarakat dapat bersinergi dalam menciptakan peternakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini juga kita tujukan untuk bagaimana masyarakat sadar betapa pentingnya peran peternakan untuk meningkatkan perekonomian jangka panjang masyarakat terlebih sekarang mendekati hari raya kurban sehingga harga ternak khususnya sapi akan meningkat tinggi,” tuturnya.

Senada dengan hal itu ketua panitia, Hasrullah menganggap penyuluhan ini sangat penting untuk masyarakat dan mahasiswa.

“Andaikan tidak ada kegiatan ini saya tidak tahu bagaimana cara memberi makan obat cacing ke hewan ternak,” tutupnya.

Penulis: Arya dan Isna (Magang)
Editor: Dwinta Novelia

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami