KKN UIN Alauddin Posko Desa Bunga Perkenalkan Pengolahan Keripik Pisang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pemasaran keripik Pisang KKN Angkatan 60 Gurih dan Pedas ke warung sekitaran Desa Bunga.

Washilah – Salah satu program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 60 UIN Alauddin Makassar yang berlokasi di Desa Bunga Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, adalah membina Ibu Rumah Tangga (IRT) dalam wadah Usaha ekonomi produktif.

Program yang ditawarkan pun sebenarnya sederhana dan tidak asing lagi bagi masyarakat yaitu mengolah keripik pisang. Masyarakat diajak untuk mengenal teknik dan cara pembuatan keripik pisang yang benar. Mulai dari proses pengupasan, pemberian bumbu sampai dengan penggorengan dan pengemasan, agar lebih layak jual.

Koordinator Desa (Kordes) Posko 9 KKN UINAM, Ridwan Jufri mengatakan, kegiatan tersebut sengaja menyasar kalangan ibu-ibu rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian agar masyarakat bisa mandiri dan mempunyai usaha sampingan.

“Ini adalah program dari posko 9 untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di pedesaan,” katanya, Minggu (10/03/2019).

Dia menambahkan, pengolahan kripik pisang dipilih karena makanan ini cukup digemari masyarakat dan bahan bakunya banyak melimpah.

Kegiatan ini di sambut baik warga, salah satunya, Nur liah. Ia mengaku senang mendapatkan pelatihan dan pendampingan. “Semoga program seperti ini terus dilakukan, karena sangat bermanfaat,” ucapnya.

Menurut Liah, mahasiswa tidak hanya mendampingi dan mengajari masyarakat teknik pengolahan. Namun juga managemen dan strategi pemasaran, agar produk ini bisa bersaing di pasar, serta pemberian label

Lanjut, ia berharap agar pendampingan pemasaran bisa terus dilakukan. “Warga ingin sekali usaha keripik pisang bisa berkembang dan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” harapnya.

Saat pemasaran, keripik yang diberi nama Keripik Pisang KKN Angkatan 60 Gurih dan Pedas ini dipasok ke warung disekitar Desa Bunga.

Citizen Report : Ridwan Jufri (Koodinator Desa)
Editor : Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami