Dekan FDK Terpilih Jadi Ketua P3CR

Facebook
Twitter
WhatsApp
Prof. Rasyid Masri

Washilah – Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Prof Rasyid Masri terpilih menjadi ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR)  UIN Alauddin periode 2019-2023.

Ia diangkat melalui penunjukan langsung oleh Rektor UIN Alauddin, Prof Musafir Pababbari, Jumat (22/03/2019 kemarin.

Ketua Senat UIN Alauddin, Prof Qadir Gassing, mengatakan proses penyaringan calon rektor tetap akan dilaksanakaan, walaupun regulasi dari Kementerian Agama (Kemenag) menuai kritik yang berujung permintaan revisi dari civitas akademika.

“Pemilihan rektor tetap kami laksanakan, sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 68 Tahun 2015. Sesuai aturan, tugas kami hanya satu yaitu memberi pertimbangan setelah itu diserahkan ke Kemenag, nanti Menteri Agama yang tetapkan,” ucapnya, saat dihubungi Washilah lewat telpon, Sabtu (23/03/2019).

Sementara itu, Rasyid Masri mengungkapkan pihaknya diberi waktu 28 hari untuk menjaring calon rektor.  “Insyaallah Senin yang akan datang, kami adakan rapat panitia, untuk menyempurnakan persyaratan para bakal calon rektor. Hingga saat ini, kami tetap mengacu pada regulasi yang tertuang dalam PMA Nomor 68. Mungkin sore sudah bisa kami publis di media, ” bebernya.

Lebih lanjut, Guru Besar bidang Sosiologi Komunikasi ini menjelaskan bahwa, sesuai aturan, nama-nama yang telah mendaftar, akan diserahkan ke rektor, selanjutnya ke senat untuk diberi pertimbangan kualitatif, meliputi aspek moralitas, kepemimpinan, manajerial, kompetensi akademik, dan jaringan kerja sama. Setelah itu, dikembalikan ke rektor, kemudian rektor bersama panitia akan membawa ke Kemenag.

“Seratus persen menteri yang menentukan. Namun, banyaknya saran dan kritikan membuat PMA Nomor 68 Tahun 2015 kembali dibahas Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Kami juga sementara menunggu dan akan menyesuikan,” ucapnya.

Penulis : Muh. Rhesa Alif M

Editor : Muhammad Aswan Syahrin

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami