Expo Workshop Literasi HMJ Manajemen Sentil Literasi Mahasiswa

Facebook
Twitter
WhatsApp
Tiga pembicara dalam Expo Workshop Literasi HMJ Manajamen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang diadakan di Aula Gedung FEBI, Selasa (27/11/2018)

Washilah – “Bagaimana generasi milenial akan membawa peradaban?”, ujar Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) ranting UIN Alauddin Makassar, Regent  Aprianto Husen saat menjadi pembicara dalam Expo Workshop Literasi di Aula Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Selasa (27/11/2018).

Workshop yang di gagas oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manejemen FEBI itu menghadirkan tiga pembicara yang kesehariannya aktif menebar virus positif budaya literasi. Mereka di antaranya Ketua FLP ranting UIN Alauddin Makassar, Direktur Pemberitaan UKM LIMA periode 2016 Nurfadhilah Bahar serta pendiri MIP Indonesia Fachri Djaman.

Fenomena No gadgets no live, adalah istilah yang tepat disematkan bagi para milenial yang sangat bergantung pada teknologi. Milenial bahkan menjadikan teknologi sebagai kebutuhan primer (mendasar).

Nurfadillah Bahar yang kini aktif sebagai bloger dan jurnalis mengatakan, faktor minimnya budaya literasi di Indonesia disebabkan tidak ditanamkannya kebiasaan membaca sejak dini di tengah-tengah keluarga. Ia juga menambahkan sarana dan prasarana yang kurang mendukung juga birokrasi yang berbelit-belit bias terhadap sistem pembelajaran murid di tanah air.

“Royalti dan pajak juga banyak dikeluhkan para penulis, Tere Liye sempat berhenti menerbitkan bukunya lantaran hal tersebut,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Fachri Djaman yang juga seorang tokoh penggerak literasi di kota Malassar merasa perlu menjadikan menulis sebagai passion para milenial saat ini.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajamen, Muhammad Agung Dharmawan mengatakan alasan memilih literasi sebagai tema workshop. 

“Workshop literasi sebagai suntikan motivasi kepada mahasiswa untuk berkontribusi membangun bangsa melalui literasi,” ujarnya.

Expo Workshop Literasi adalah serangkaian acara dari Creator of Interpreneurship Manejemen Festival yang diadakan guna memperingati 12 tahun juJurus Manejemen UIN Alauddin Makassar, yang digelar sejak 27 hingga 29 November 2018.

Penulis : Epi Aresih Tansal

Editor : Desy Monoarfa

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami