HMI Cagora FST Refleksi Sejarah Melalui Film

Facebook
Twitter
WhatsApp
Tampak dua pemantik dan seorang moderator pada bedah film "Senyap" di Lecture Theater (LT) Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Senin (08/10/2018)

Washilah – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang gowa Raya (Cagora) dan Dema Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menggelar bedah film “Senyap” yang di sutradarai oleh Joshua Oppenheimer di Lecture Theater (LT) FST. Senin (08/10/2018)

Ketua Komisariat HMI Cagora FST, Rian Arisandi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk merefleksikan sejarah di tahun 1965 dan memunculkan jiwa-jiwa kritis sebagai mahasiswa yang berintelektual.

“Sebagai refleksi kembali mengenai sejarah yang pernah terjadi pada tahun 1965, mengenai Gerakan 30 September (G30S) Partai Komunis Indonesia (PKI) terkesan otoriter dan film ini sebagai perbandingan kontra sejarah bagi pemerintah,” ucapnya.

Pemutaran film tersebut dapat menjadikan perbandingan Film “G30S/PKI” dan memunculkan jiwa-jiwa kritis mahasiswa yang berintelektual dalam melihat sejarah, dari berbagai sudut pandang.

Salah seorang mahasiswa Jurusan Fisika, Ahmad Haan mengatakan dulunya film senyap bertentangan dengan pemahamannya.

“Pada pemutaran film Senyap yang dulu bertentangan dengan pemahaman saya, tapi seiring penjelasan itu saya mendapat informasi baru,” ujarnya.

Penulis : Asdar (magang)
Editor : St Nirmalasari

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami