Mengenal Sejarah, Mahasiswa Arsitektur Kunjungi Megalitikum

Facebook
Twitter
WhatsApp
Situs Tadulako di kawasan wisata cagar budaya megalitikum di Lembah Lore Tengah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Kamis (30/08/2018)

Washilah – Mahasiswa UIN Alauddin Makassar mengikuti Studi Arsitektur Temu Karya Ilmiah Mahasiswa Arsitektur Indonesia (TKIMAI) XXXIV dengan melakukan observasi rumah tradisional Tambi di desa Dodadi dan mengunjungi kawasan wisata cagar budaya Megalitikum, Lembah Lore Utara Kabupaten Poso. Kamis (30/08/2018)

Juru bicara cagar budaya Megalitikum Sakur, mengatakan kabupaten Poso dikenal negeri seribu Megalitikum yang terdiri dari situs arca, dolmen, dan kalamba.

“Situs arca sendiri adalah bentuk perwujudan para pemimpinnya, sementara dolmen merupakan batu meja dan kalamba merupakan tempat penyimpanan mayat dan penampungan air,” jelasnya.

Lanjut, ia menjelaskan bahwa perawatan situs tersebut dilakukan oleh Pusat penelitian arkeologi nasional (Pusarkenas) dengan menggunakan bahan kimia.

Senada dengan itu mahasiswa UIN Alauddin Aldi Septiadi, mengungkapkan pengenalan arsitektur nusantara menjadi pengetahuan mahasiswa terhadap sejarah warisan budaya.

“Setelah observasi rumah tradisional Tambi, kita mengunjungi megalitikum yang ada di lembah lore tengah. Selain menjaga arsitektur nusantaranya, mahasiswa juga harus tahu sejarah warisan budaya dan bagaimana menjaga dan merawatnya,” ucapnya.

Penulis : Viviani Basri (Magang)
Editor : St Nirmalasari

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami