Makna Logo Manajemen Haji dan Umrah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Logo Jurusan Manajemen Haji dan Umrah | Dok. Pribadi

Washilah – Presentasi logo yang diadakan Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, di Lecture Teatre (LT). Minggu (08/04/2018)

Ketua Senat Mahasiswa Khusnul Hidayah Taupik membeberkan pembuatan logo tersebut tidak disayembarakan, namun dikembalikan kepada mahasiswa Jurusan Manajemen Haji dan Umrah (MHU).

“Kita bagi tiga kelompok, kemudian masing-masing merancang logo, mempersentasikan kepada Sema dan terpilihlah satu logo dengan hasil voting dari mahasiswa MHU,” jelasnya.

Salah satu perancang logo MHU Arfan Maulana menjelaskan makna logo tersebut, yaitu :

1. Bintang delapan, bermakna kemakmuran. Juga banyak yang memilih untuk dijadikan sebagai seni kaligrafi islam.

2. Lingkaran, bermakna kesempurnaan. Lingkaran tidak memiliki ujung, jadi cocok untuk pemaknaan sempurna.

3. Bulan Sabit, dilihat dari posisinya bulan sabit sebagai wadah dari kabbah. Kita diharapkan menjadi seperti bulan sabit yang akan mewadahi atau memfasilitasi orang-orang yang ingin ke baitullah.

4. Bintang, jika dilihat dari jumlahnya, bintangnya ada lima melambangkan rukun islam. Dan jika dilihat dari susunannya, itu bermakna proses kita mencapai puncak.

5. Kakbah, Ciri khas jurusan MHU

Lanjut ia menjelaskan makna warna logo tersebut, EMAS bermakna kemakmuran, HITAM bermakna kekuatan dan kekuasaan, HIJAU bermakna kehidupan dan agama islam, Coklat bermakna bermartabat dan PUTIH bermakna kesucian.

Penulis : Nur Fitri Rauf

Editor : St Nirmalasari

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami