WR I Siap Perjuangkan KKN Hanya 40 Hari

Facebook
Twitter
WhatsApp
WR I bidang Akademik UIN Alauddin Makassar, Prof Mardan M Ag saat membawakan materi pada hari keempat pembekalan KKN Reguler angkatan 57, di Auditorium Kampus II. Kamis (14/12/2017)

Washilah – Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar, Prof Mardan M Ag, menyatakan siap membantu mahasiswa untuk memperjuangkan estimasi waktu Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 40 hari saja. Kamis (14/12/2017)

Hal itu disampaikan ketika membawakan materi, pada hari keempat pembekalan KKN regular angkatan 57 yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar.

Menurutnya, pola ber-KKN yang selama ini dijalani dengan waktu 60 hari, perlu diubah. Karena ia pun baru menyadari bahwa KKN hanya memiliki bobot empat Satuan Kredit Semester (SKS), yang jika diakumulasi hanya 40 hari.

“Saya baru tahu kalau cuma 4 SKS, makanya saya berani perjuangkan untuk diubah,” ucapnya.

Sementara itu Drs Muh Yusuf Hidayat selaku moderator mengatakan, bahwa menerapkan sistem baru dalam ber-KKN adalah suatu hal yang sulit, karena itu sudah tercantum di dalam statuta UIN Alauddin Makassar.

“Untuk merubah pola, saya kira harus mengubah aturan yang ada di dalam statuta itu dulu, kemudian harus mendapat persetujuan pada rapat senat, dan lain-lain,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa lamanya waktu pengabdian terhadap masyarakat, tidak bisa diukur dan dibandingkan dengan lamanya waktu belajar di kelas.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar, Drs M Gazali Suyuti mengaku tak masalah jika waktu pelaksanaan KKN akan dikurangi, selama itu terdapat di dalam aturan kampus.

“Tidak apa, aturan itu milik pimpinan. Kami hanya bertugas sebagai badan pelaksana,” terangnya.

Penulis: Eka Reski R.
Editor : Nur Isna

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami