Talkshow FESyar Bahas Ekonomi Syariah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Suasana Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI) di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Selasa (12/09/2017).

Washilah – Talkshow Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI), menghadirkan tiga pembicara dari berbagai profesi yang membahas mengenai sektor ekonomi syariah di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar. Selasa (12/09/2017).

Ketiganya adalah Muh. Nusran Ph D selaku Ketua Halal Centre UMI Makassar, Ahmadi Akil SE selaku Kepala Dinas Perindustrian Prov. Sul-Sel serta Rita Suryaningsih seorang pemilik industri rumahan Sukma Jahe.

WD Bidang Kemahasiswaan & Alumni Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Drs Muh Saleh Ridwan yang menjadi moderator talkshow, menjelaskan kurangnya sektor yang unggul pada bidang syariah.

“Indonesia hanya unggul dalam sektor ekonomi syariah saja. Sedangkan disektor syariah lainnya masih kurang seperti kosmetik halal, makanan halal maupun tempat rekreasi yang halal,” ujarnya.

Talkshow bertajuk “Mendorong Pengembangan Industri Halal” juga membahas banyak hal seputar pangan dan juga pengembangan industri halal. Muh. Nursan misalnya, mengatakan hal itu berdasar pada Q.S Al-Baqarah ayat 168 yang menyerukan kepada seluruh umat mengkonsumsi makanan halal. Bahkan, ia mengugkapkan jika pangan halal bukan hanya untuk umat muslim saja, tetapi juga non muslim .

“Timbulkan kesadaran untuk selalu bertanya akan kehalalannya ketika akan makan,” ujarnya.

Selain itu, Ahmadi Akil juga memaparkan perihal perkembangan industri halal di Provinsi Sul-Sel yang sangat berpeluang besar.

“Halal merupakan isu sensitif bagi konsumen muslim saat ini dan pertumbuhan industri halal dunia sangat pesat,” jelasnya.

Terkait ungkapan Muh. Nursan, Thailand negara yang ummat muslimnya minoritas, namun makanan halal sangat banyak ditemui. Hal tersebut menunjukkan jika non-muslimpun mengkonsumsi makanan yang halal.

Penulis: Rena Rahayu Nastiti
Editor: Erlangga Rokadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami