Pascasarjana UIN Alauddin Gelar Seminar dan Bedah Buku

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – Pascasarjana UIN Alauddin Makassar bekerjasama dengan Perkumpulan Islam Paramartha-Kadisiyah Makassar dan Pustaka Matahari asal Bandung melakukan Seminar dan Bedah Buku “Warisan Sejarah Arianisme” karya Maurice Wiles, seorang Regius Professor of Divinity di Universitas Oxford yang diterjemahkan oleh Zaenal Muttaqin. Kegiatan tersebut berlangsung di Rektorat Lt. 4. Selasa (12/09/2017).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Musafir Pababbari M Si, yang mengungkapkan antusiasnya mengikuti acara, karena mempelajari sejarah dan teologi.

Selain itu, Zaenal Muttaqin lebih banyak memaparkan tentang polemik paham Arianisme, sejarah perkembangannya di Inggris abad ke-18 yang melibatkan tokoh-tokoh terkemuka seperti Isaac Newton, William Whiston dan Samuel Clarke.

“Buku ini membuka pikiran kita tentang siapa sebenarnya Arianisme, baik dalam sejarah terbentunya, konfliknya, doktrinal ajarannya itu sendiri maupun sejarah Konsili Nicea,” ujar Zaenal Muttaqin.

Salah seorang Mahasiswa Pascasarjana Basri Lapabbaja sangat merespon baik seminar ini. Selain menambah ilmu pengetahuan, juga menambah ilmu sejarah dalam agama.

“Ini acara seminar dan bedah buku yang sangat menarik, selain menghadiri pemateri yang memang pada pakarnya dan memaparkannya sangat gamlang, juga mempelajari sejarah Arianisme sehingga kita tertarik untuk memperdalamnya lagi,” ujar Basri Lapabbaja.

Sementara itu, Kolumnis dan Dosen Sekolah Tinggi Teologi (STT) Intim, Ishak Ngeljaratan yang juga sebagai pembedah mengungkapkan, kedamaian terletak pada agama yang saling toleransi.

“Tidak ada kedamaian yang akan terjadi disetiap manusia maupun daerah, kecuali telah berdamai pada agama masing-masing,” ujar Ishak.

Kegiatan tersebut juga menjadi rangkaian milad yang ke-52 tahun UIN Alauddin Makassar dan dihibur oleh Akustik Nuga Band

Penulis : Andi Normalasari (Magang)
Editor: Erlangga Rokadi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami