Opini: Ikatan Alumni Adalah Syarat Loyalitas Demi Mengharumkan Almamater

Facebook
Twitter
WhatsApp

Oleh: Kurniawan SH MH

Ikatan Alumni penting untuk dimiliki bagi lepasan universitas tidak hanya untuk eksistensi, tapi juga untuk sarana silaturahmi antar alumni. tidak gampang mengoptimalkan “keberadaan” Ikatan Alumni (IKA). Masih banyak dari kita yang “tidak peduli” terhadap eksistensi Ikatan Alumni.

kehadiran Ikatan Alumni (IKA) Ilmu Hukum UIN Alauddin Makassar ini tidak hanya penting dalam mewujudkan visi & misi suatu jurusan, fakultas khususnya dalam kegiatan Akreditasi universitas. Tapi lebih dari itu, Ikatan Alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kualitas dan reputasi universitas di mata masyarakat, di samping “membuka jalan” alumni yang lain (alumni yang baru lulus) untuk masuk ke dunia kerja atau profesional “sekiranya itu yang sangat penting”.

hampir semua universitas yang “berkualitas” selalu didukung oleh Ikatan Alumni yang peduli terhadap almamaternya. Jadi, alumni adalah aset penting yang harus dirawat dan dijaga keberadannya.

Sekiranya tujuan hadirnya IKA sudah jelas, Tentu untuk “Membangun Sinergi”. Itulah kata kuncinya. universitas dan alumninya harus bersinergi. Alumni yang sukses tidak bisa dipisahkan dari universitas tempatnya menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih universitas telah menjadi bagian dari suksesnya seorang alumni. Sebaliknya, universitas yang mampu memfasilitasi alumninya apalagi yang sudah sukses melalui wadah Ikatan Alumni maka dengan sendirinya akan dipromosikan sebagai “tempat belajar” yang berkualitas. Sangat disayangkan, jika banyak alumni yang sukses dan memiliki potensi, tapi tidak mampu “bersinergi” dengan universitas. Jika tak ada sinergi alumni mau jalan kemana dan universitas pun juga mau jalan kemana ? Jika demikian Tak ada nama yang harum”

Sinergi Alumni mutlak harus diwujudkan, Di tengah merosotnya moral hukum kita dan dinamika peradaban yang kian tak berakhlak, sinergi alumni menjadi eleman penting untuk membangun peradaban kearifan hukum.

Universitas yang punya nama besar pasti Ikatan Alumninya kuat. Universitas yang kelihatan eksis di situ pasti ada kumpulan alumni yang berprestasi dan berkualitas. Misi seperti inilah yang akan kami ciptakan dan tubuh IKA ilmu hukum UIN Alauddin Makassar.

Sekiranya ada beberapa asumsi yang mendasari pentingnya IKATAN ALUMNI bagi suatu universitas Pertama alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan jurusan dan fakultas.

Kedua alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” almamater universitas. Ketiga sebagai out put relasi penting dalam memperluas jaringan dengan insitusi di luar universitas. Dan ke Empat Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja & usaha bagi lulusan baru, di samping menjadi inspirasi dan penyemangat.

Ikatan Alumni harus selalu datang sebagai payung untuk meneduhkan, Ikatan Alumni harus selalu datang sebagai matahari untuk mencerahkan, dan Ikatan Alumni harus selalu datang sebagai lampu untuk menerangi angkatan mudanya.

Tujuan awal IKA Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar tidak lain meningkatkan nilai moral hukum demi menjaga nama Baik almamater.

Akhir kata jika yang dicita-cita itu sifatnya tinggi dan mulia maka akan terasa jauh dan penuh tantangan.

Hidup pohon berbuah hidup manusia berjasa itulah umur kita kedua kalinya

Panjang umur ilmu hukum.

 

Penulis adalah Ketua IKA Ilmu Hukum UIN Alauddin  Makassar periode 2017-2020

 

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami