KKN UIN Alauddin Desa Sumillan Kembangkan Keterampilan Santri TPA Lewat FASI

Facebook
Twitter
WhatsApp
Foto bersama saat acara Festival Anak Sholeh (FASI) yang diadakan oleh mahasiswa KKN UIN Alauddin berlangsung di mesjid Nurul Takwa Laiya Desa Sumillan. Sabtu (06/05/2017).

Washilah – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler angkatan 55 UIN Alauddin Makassar Desa Sumillan Kabupaten Enrekang,  menggelar Festival Anak Sholeh (FASI) yang berlangsung di mesjid Nurul Takwa Laiya Desa Sumillan selama tiga hari Sabtu hingga senin, (6-8/05/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh enam Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dari masing – masing dusun di Desa Sumillan. Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan diantaranya lomba adzan, lomba hafalan surah-surah pendek, lomba ceramah dan rangking satu, macam lomba yang biasa tayang di Trans TV beberapa tahun lalu.

Asrullah, Koordinator Desa KKN UIN Alauddin desa Sumillan mengatakan, kegiatan macam ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan karakter membentuk anak yang soleh, juga mengasah keterampilan keagamaan kepada santri TPA.

“Semua orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh dan terampil, dan salah satu alternatifnya lewat lomba-lomba keagamaan macam ini,” tuturnya pada saat memberi sambutan pada pembukaan FASI.

Selain itu, Asrullah juga menyampaikan, kegiatan ini menjadi ajang latihan kepada peserta lomba untuk menyambut bulan suci ramadhan.

“Macam ceramah, nanti kalau bulan ramadhan sudah bisa tampil di depan mimbar,” ungkap lelaki asal Bulukumba.

Sementara Jasman, Imam Dusun Laiya yang  mewakili kepala Desa Sumillan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan FASI, lantaran kegiatan macam ini jarang dilaksanakan.

“Biasanya nanti kalau ada mahasiswa KKN baru ada kegiatan FASI,” katanya.

Ia pun berharap, agar kegiatan ini berjalan lancar, sembari membuka kegiatan FASI.

 

Penulis: Asrullah

Editor: Nur Isna

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami