FASH; Kreativitas Mahasiswa KKN UIN Alauddin

Facebook
Twitter
WhatsApp
Oleh | Saefullah./Magang

Washilah Online– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari UIN Alauddin Makassar, Mengadakan “Festival Anak Sholeh (FASH),” tingkat Desa untuk Taman Kanak-Kanak dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TK/TPA) se-Desa Pattallassang.

Pelaksanaan kegiatan ini di buka langsung oleh Alimuddin sijaya, kepala Desa Pattallassang, pada tanggal 28 Maret sampai tanggal 2 April 2014, di M
asjid Istiqlal, Desa Pattallassang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Jenis-jenis yang dilombakan, Tadarrus, Hifzil Qur’an, praktek shalat berjamaah, Adzan, Wudhu, Cerdas-cermat, dan Peragaan busana muslim. Takdir, selaku ketua panitia Festival, saat ditanya oleh reporter Washilah terkait masalah lomba yang baru saja dilaksanakan itu, mengatakan, bahwa dari 7 cabang lomba itu, diikuti sekitar 100 orang peserta dari 9 TK/TPA yang ada di Desa itu.

Tema kegiatan, “Meningkatkan kreativitas dalam syi’ar islam,” menurutnya, Takdir, tema ini diambil dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada mereka dasar-dasar pelaksanaan dan tuntunan syari’at islam, serta mejalin silaturahmi agar saling mengenal dan menumbuhkan nilai semangat solidaritas dalam diri mereka ditingkat satuan pendidikan TK/TPA Desa Pattallassang.

Mahasiswa yang sedang menjalankan tugas KKN di Desa Pattallassang itu, ketika ditanya lebih lanjut, dia menjelaskan, Festival merupakan wadah untuk mempertemukan 9 TK/TPA yang ada di Desa tempat kami KKN, “Karena saya lihat di Desa ini sangat banyak TK/TP,” jelasnya, sehingga ada niat untuk mengumpulkannya, olehnya itu kami membuat Festival.

Lomba ini sangat membangun semangat kreativitas anak-anak, karena menambah pengalaman dan pengetahuan serta memupuk semangat belajar anak-anak yang ada di Desa tempat kami KKN.

Respon mereka tampak jelas terlihat saat acara sedang berlangsung, mereka sangat semangat menyaksikan kegiatan tersebut, yang tidak ikut dalam Festival semangat mendukun teman-temannya dan yang ikut lomba, mereka sangat antusias belajar, khususnya di masing-masing cabang lomba yang diikutinya, tambahnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami