Prodi Keperawatan Perkenalkan Forensik Nursing

Facebook
Twitter
WhatsApp
Laporan | Marhani/Magang
Washilah Online–Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan selenggarakan Seminar Internasional di Gedung auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, dengan mengangkat tema “Forensic Nursing For Health Professional Indonesia In Globalization Era”. Sabtu (16/11/2013).

Menurut Ketua Panitia, Ns. Arbianingsih S Kep M Kes, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang trend dan issue dalam dunia Keperawatan. “kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat terkait isu-isu yang sedang hangat didunia Keperawatan” tegasnya, saat membawakan sambutan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Prof Dr Ahmad M Sewang yang sekaligus didaulat membuka kegiatan menggantikan Rektor. dalam sambutannya, ia mengungkapkan kalau seminar yang dihelat sebagai rangkaian peringatan Dies Natalis UIN Alauddin Makassar yang ke-48 adalah wujud pembuktian UIN Alauddin Makassar atas peralihan status pada tahun 2005 lalu, “diharapkan bahwa seminar ini dapat menjadi salah satu bukti perbedaan UIN Alauddin Makassar kepada pemerintah, dengan integrasi keilmuan, antara kesehatan dan Islam itu sendiri,” jelasnya.

Materi yang diangkat merupakan gabungan dari ilmu keperawatan, ilmu hukum, dan ilmu forensik. Dengan adanya tiga pemateri yang masing-masing ahli di bidangnya, yaitu Muh. Arsyad Subu, S.Kp., MScN, Ph.D selaku pakar keperawatan forensik dari universitas of Ottawa Canada. Selanjutnya adalah dr. Eko Yunianto, Sp. F,MH.Kes selaku kepala urusan kedokteran forensic bidokkes polda sulsel. Prof. H.M. Quraish Syihab, Lc., MA, Ph.D selaku direktur pusat studi Al-Qur’an Indonesia yang membahas keperawatan forensik dalam pandangan Islam.

Tercatat sebanyak 1555 orang peserta hadir dalam seminar ini, yang menarik, partisipan dalam seminar ini banyak berasal dari luar provinsi Sulawesi Selatan, di antaranya dari Jakarta, Samarindah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Lombok, Semarang, Bandung, dan Kalimantan.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami