International Office

Facebook
Twitter
WhatsApp
Washilah Online– Fungsi utama International Office adalah untuk membantu segala hal yang berkaitan dengan kegiatan di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, baik itu yang bersifat akademik, kelembagaan, kemahasiswaan maupun kerjasama yang bersifat International. Ungkap Andi Muhammad Ali Amiruddin MA, saat menjelaskan mengenai lembaga yang kini di kepalainya.

Pada dasarnya internasional office ini adalah lembaga yang membantu untuk melancarkan kebijakan-kebijakan pimpinan dan jurusan-jurusan yang sifatnya International “lembaga ini terbentuk karena keinginan  rector untuk menerapkan kebijakan yang sifatnya International untuk menjadikan Uin sebagai salah satu universitas yang bisa diperhitungkan di tingkat International” tambahnya.

Lebih lanjut, Muh Ali Menjelaskan, fungsi International Office seperti menjalin kerjasama dengan negara-negara barat dan timur. Selain itu turut juga berusaha untuk mendatangkan dosen dari luar. Seperti kedatangan dosen dari luar beberapa waktu yang lalu ”seperti kedatangan dosen arsitek selama empat bulan di Sains, dua tiga hari international office di situ bekerja untuk membantu kelancaran” ungkapnya.

Selain itu, September mendatang juga Dosen Bahasa dari luar akan datang di Uin, atas pinjaman dari The Regional English Language Office (RELO) yang merupakan bagian dari keduataan besar Amerika. “di situ Internasional Office terlibat untuk mengurus dan mempersiapkan segala hal yang sifatnya administrasi dokumen, seperti koordinasi dengan pihak imigrasi dan kepolisian yang ada di Makassar” ujarnya saat di temui di ruang kerjanya. 

“Kalau sifatnya kemahasiswaan, misalkan ada mahasiswa kita yang keluar atau ada mahasiswa International atau dosen yang masuk ke Uin, maka itu semua nanti akan berada dibawah bantuan International office. Selain itu, jika jurusan atau mahasiswa ingin melakukan seminar international atau mahasiswa-mahasiswa yang ingin mendapatkan informasi mengenai beasiswa keluar, maka International Office dapat membantu. Namun, tidak dapat membantu dari segi dana” tambah lelaki yang juga menjabat sebagai sekertaris Jurusan Ilmu Politik Fakultas Usluhuddin dan filsafat ini.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk merekrut mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa yang bisa menjadi humas untuk Uin “jadi misalkan ada dosen dari luar nanti, dan butuh seorang mahasiswa untuk mendampinginya  maka kami akan usahakan, dan nantinya mahasiswa ini akan mendapatkan keuntungan ”  harapnya, “Namun, masalah yang mungkin sekarang dihadapi, adalah tidak adanya kantor yang representatif” tambahnya.

Reporter : Luqman

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami