DPR Siap Hentikan Pemblokiran Dana

Facebook
Twitter
WhatsApp

Nurmiati SE MM, saat di temui dalam ruangannya
Washilah Online—Terhitung sejak akhir tahun 2012 lalu, Biaya untuk Pendanaan dan Oprasional dalam lingkup Universitas Islama Negeri (UIN) diblokir. Imbasnya, beberapa kegiatan UIN tersendat, sebut saja Character Building Program (CBP). Tak hanya itu, Lembaga-lembaga kemahasiswaan pun ikut terkena dampaknya. Dana yang seharusnya dipakai untuk oprasional lembaga tak kunjung cair. 
Ditemui diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu, Senin (22/04)). Kepala Keuangan UIN, Nurmiati SE ME, menjelaskan, mandetnya dana dari pusat diakibatkan adanya keinginan pihak Dewan Perwakilan Rakyat yang menginginkan Outcome yang lebih jelas “mereka ingin rincin lebih jelas, tak hanya kegiatan apa, tapi akan seperti apa keadaan yang terjadi setelah melakukan kegiatan, apakah itu bermanfaat atau tidak” jelasnya.
Namun, Lanjut Nurmiati, pihak Bendahara dan Bagian Perencaanan sudah melakukan pertemuan dengan Pusat terkait masalah yang dihadapi Universitas “kita menjelaskan bahwa lembaga pendidikan berbeda dengan lemabaga lain, yang biaya operasional harus tetap jalan,” terangnya.  
 “setelah melakukan pertemuan, dan menjelaskan masalahnya, akhirnya mereka sudah siap mengeluarkan dana kembali, dalam waktu dekat ini” tambahnya.
Meski demikian, diakui Nurmiati, masih ada dua hal yang belum disepakati DPR untuk pengucuran dana, yakni biaya Prasarana dan Biaya Oprasional Perguruan Tinggi (BOPT), seperti Pembiayaan Pendidikan dan Pengajaran, peningkatan yang berbasis Prodi. 
Selain itu, Ia juga menjelaskan, bahwa kejadian ini tak hanya terjadi di UIN saja, namun merata di seluruh Indonesia, khususnya lembaga yang berada dibawah naungan Kementrian Agama.  
Reporter : Luqman/Asrul

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami