HMJ Kesmas Adakan Baksos dan Penyuluhan Kesehatan di Sinjai

Facebook
Twitter
WhatsApp
Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Indonesia dapat berupa upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Upaya promotif dan preventif sendiri bisa dilakukan melalui penyuluhan atau sosialisasi tentang kesehatan itu sendiri.
Dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) mengadakan baksos dan penyuluhan kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di dusun Ale Kandrung, desa Kandrung, kecamatan Sinjai Timur, kabupaten Sinjai, yang berlangsung selama empat hari, yakni 3-6 Mei 2012.
Kegiatan baksos dan penyuluhan ini mengangkat tema, ‘Meningkatkan Sikap Bersatu dalam Orientasi Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat’. Adapun peserta yang turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan adalah mahasiswa jurusan Kesmas sejumlah 100 orang dan tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Kesehatan Masyarakat.
Berdasarkan penuturan Muh. Suhebit Pani, selaku ketua panitia, kepada reporter Washilah saat dikonfirmasi via ponsel bahwa kegiatan baksos ini merupakan kegiatan tahunan dari HMJ Kesmas. Rombongan baksos dilepas oleh ketua BEM Fakultas Ilmu Kesehatan, Kamis pagi (03/05/2012) dan siangnya segera bertolak menuju ke lokasi.
Adapun bentuk kegiatan baksos yang mereka adakan adalah berupa pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian bantuan sosial berupa pembagian tempat sampah di sekolah dan di masjid, serta pembagian buku-buku gratis ke sekolah setingkat TK, SD, SMP dan SMA yang ada di dusun tersebut. Selain itu ada juga acara hiburan malam, berupa nonton bareng dan karaoke bersama warga.
Sementara dalam kegiatan penyuluhan sendiri, terdiri dari penyuluhan tentang Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk anak TK dan SD, penyuluhan tentang rumah sehat dan tanaman obat keluarga (TOGA), penyuluhan tentang rokok dan pestisida untuk kaum bapak, penyuluhan tentang ASI, penggunaan garam yodium dan pemanfaatan limbah yang bernilai ekonomis untuk kaum ibu, serta penyuluhan tentang Saluran Pembuanga Air Limbah (SPAL).
Terselenggaranya kegiatan baksos ini berkat kerja sama dengan Unilever dan Yayasan Peduli Negeri (YPN).
Ebit berharap dengan adanya kegiatan baksos dan penyuluhan kesehatan ini agar bisa menjadi bahan pembelajaran dan batu loncatan bagi mahasiswa jurusan Kesmas untuk menghadapi PBL, magang serta KKN nantinya. “Tentunya harapan utama kami agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memperdayakan SDM warga dusun Ale Kandrung,” tutup Ebit.(ahmad)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami