HMJ Jurnalistik dan Serikat Jurnalistik Adakan Seminar Nasional Ilmu Politik

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah—Di tengah kehebohan masyarakat dalam perbincangan mengenai politik ternyata tak banyak yang mengetahui dengan jelas tentang topik yang satu ini. Maraknya pemberitaan di berbagai media membuat orang tak luput dari persoalan politik. Namun persoalannya banyak orang menyalah artikan soal politik itu sendiri. Bahkan sebagian mahasiswa juga sering keliruan dalam membahas politik. hal ini pula yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiwa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Fakultas Dakwa dan Komunikasi (FDK) bekerja sama dengan pihak Serikat Jurnalistik (SEJUK) mengadakan Seminar Nasional Ilmu Politik di gedung Auditorium Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Kamis-Jumat (3-4/05/2012).


Dalam agendanya dibahas bahwa pendidikan Politik dibagi menjadi dua, pertama Politik Forming, yaitu pembangunan politik berdasarkan apa yang dialami atau senantiasa di rekayasa baik itu kearah negatif atau positif. Sedang yang kedua adalah Politik Building atau internalisasi dan yang kedua politik Building, hal ini diutarakan oleh Dr Gurtiana A Kambo, seorang dosen Ilmu Politik di Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas) yang menjadi pembicara pertama.

Selain itu, Gusti, yang juga menjabat sebagai ketua lembaga kajian Identitas Unhas menambahkan, bahwa pendidikan politik memiliki beberapa ranah, diantaranya pendidikan itu adalah proses mengetahui kemampuan pribadi, penyadaran akan identitas diri, dan proses bagaimana kita mampu mengetahui aturan yang ada.

Kegiatan yang digelar di Gedung Auditorium itu juga turut menghadirkan Dr Firdaus Muhammad Ma, seorang pengamat politik yang juga menjabat sebagai sekertaris jurusan Jurnalistik. Dalam orasinya, ia lebih menyinggung keadaan mahasiswa saat ini.

“mahasiswa saat ini sangat berbeda dengan mahasiswa dulu, gerakan mahasiswa yang sekarang seringkali berujung anarkis. Hal itu karena kurangnya pendidikan politik dan lemahnya lembaga mahasiswa.” Ujarnya.(Luqman)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami