HMJ Jurnalistik Adakan Seminar Pendidikan Politik

Facebook
Twitter
WhatsApp
Washilah- Jurnalistik UIN Akan Adakan Seminar Pendidikan Politik

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan adakan seminar nasional pendidikan politik pada tiga hingga empat Mei mendatang di gedung Auditorium Kampus II UIN Samata, Gowa. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu menghadirkan pemateri nasional dan lokal dengan tema yang berbeda. Dengan tema “ Pentingnya Pendidikan Politik Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahasiswaan “ untuk hari pertama dan “ Membangun Civil Society dan Penguatan Demokratisasi di Indonesia Melalui Pendidikan Kampus” pada hari ke dua, diharapkan menjadi wadah pembelajaran bagi Mahasiswa mengenal dunia politik sejak dini.


Kegiatan ini turut didukung oleh Kesbangpol Kementrian dalam negeri , lembaga El-Quds Studies Pusat Studi Pendidikan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama, dan Politik serta Mansajul Ulum (MU). Menurut ketua panitia pelaksana, Ibnu Munsir, ide kegiatan ini bermula dari tawaran organisasi Serikat Jurnalis Keberagaman (Sejuk) dimana ia bergabung. 


“ Sebenarnya tawaran ini dari seorang teman organisasi di Sejuk yang pernah membuat kegitan di Makassar dan kebetulan punya teman dari lembaga El-Quds dan MU, maka diajaklah kami bekerjasama”, tutur Mahasiswa Jurnalistik, semester IV itu. 

Ia menambahkan, kegiatan ini dibuka untuk umum termasuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan bebas biaya pendaftaran. Panitia pelaksana pun mengaku menargetkan 300 peserta per harinya. 


Sementara itu ketua Jurusan Jurnalistik, Dr Hidayat Nur Said M Ag, mengaku bangga dengan kemampuan Mahasiswa Jurnalistik membuat kegiatan bertaraf nasional apalagi bekerjasama dengan kementerian sekelas Menteri Dalam Negeri (Mendagri). “ Saya hanya bisa bilang luar biasa dengan kemampuan Mahasiswa Jurnalistik mencari jaringan di luar, selamat bekerja semoga sukses “, harapnya, saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (01/05), lalu.


Senada dengan Hidayat, pengamat politik sekaligus sekertaris jurusan Jurnalistik, Dr Firdaus Muhammad M Ag, turut mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya, pendidikan politik sejak dini memang penting, apalagi Mahasiswa yang demo dan sering anarkis sebenarnya mereka belum paham tentang politik. “ Kegiatan ini saya harap memberikan pelajaran mengenai pendidikan politik terutama bagi Mahasiswa sehingga mereka paham apa itu politik”, harapnya. (Rahmawati)

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami