Illah Sailah: Mahasiswa Ialah Pengabdi Masyarakat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Oleh Ahmad Komar


Washilah, Manado  “Mahasiswa ialah orang-orang yang harus memiliki animo positif di masyarakat dalam bentuk pengabdian, bukan hanya menjadi ikon anarkisme saat turun demonstrasi di jalan”. Demikian ungkapan Prof Dr Ir Illah Sailah MSc, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan dari DIKTI, saat hadir membuka acara Pharmaceutical Expo 2012 di aula Bapelkes, Manado, Sabtu (20/04). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi (USNRAT) Manado ini bertemakan ‘Build Our Self, Build Our Relation, Build Our Pharmacy’.


Mahasiswa Farmasi UIN Alauddin yang menjadi salah satu delegasi dari Makassar, tampak turut hadir dalam acara pembukaan itu. Delegasi dari UIN Alauddin ini akan mengikuti lomba formulasi bahan alam dan lomba debat konsitusi yang merupakan rangkaian kegiatan Pharmaceutical Expo 2012 tersebut.
Acara juga dihadiri oleh dekan Fakultas MIPA, Prof Dr Edwin de Queljoe MSc dan didampingi Prof Dr Dody Sumajouw, mewakili rektor UNSRAT.

Senada dengan yang disampaikan oleh Illah Sailah, Dody Sumajouw juga telah menekankan di awal sambutannya bahwa mahasiswa sebagai kaum intelektual mesti menjalankan fungsi-fungsinya dalam memberikan manfaat bagi masyarakat. “Karena itu salah satu tujuan dari kegiatan Pharmaceutical Expo 2012 adalah untuk memacu mahasiswa agar ke depannya mampu menciptakan lingkungan hidup sehat yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Dody.
Ketua HMJ Farmasi UIN Alauddin, Hasriadi, mengaku bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ajang besar untuk kembali mengharumkan nama UIN Alauddin Makassar, khususnya jurusan Farmasi, di mata mahasiswa Farmasi se Indonesia Timur. Hasriadi mengutus 27 orang rekannya untuk mengikuti kegiatan ini.

Selain delegasi dari UIN Alauddin Makassar, turut hadir delegasi dari Universitas Haluoleo, Kendari. Menurut Firman Dawud, ketua panitia kegiatan, sebenarnya delegasi masih ada dari Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Indonesia Timur dan beberapa universitas lainnya, tapi diperkirakan tiba malam. Acara ini dimeriahkan juga dengan penampilan beberapa lagu daerah Sulawesi Utara, tari kreasi, dan atraksi alat musik tradisional Kolintang.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami