Tujuh PSK Hadir di Promosi Doktor Arman Zainuddin

Facebook
Twitter
WhatsApp

Rabu, 18 Januari 2012 | Suryani Musi
Washilah Online-Arman Zainuddin meraih gelar doktornya dalam Ilmu Dakwah, Kemarin (17/01/2011) malam. Kali ini, di antara puluhan peserta lainnya yang hadir, terdapat tujuh Pekerja Seks Komersial (PSK). Perhelatan ilmiah tersebut berlangsung di gedung Pascasajaan (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Di hadapan tim penguji yang terdiri dari Prof M Natsir Mahmud, Prof Dr Musafir Pabbabari, Prof Firdaus, Prof Ahmad M Sewang, Prof Musafir Pababari, dan Dr Nurhidayat Muhammad M Said, Arman Zainuddin berusaha mempertahankan isi disertasinya.
Disertasi yang berjudul Problematika Dakwah Terhadap Pekerja Seks Komersila (PSK) di Kota Makassar.
Disertasi ini fokus pada masalah pekerja seks komersial dalam kaitannya dengan dakwah di kota Makassar. Bagian awal disertasi ini dikemukakan latar belakang masalah yang selanjutnya melahirkan pokok masalah tentang bagaimana problematika dakwah dan implementasinya terhadap PSK di kota Makassar. Sub masalahnya adalah, bagaimana kondisi dan faktor adanya PSK di kota Makassar, bagaimana aplikasi dakwah dalam pembinaan PSK di kota Makassar, bagaimana tantangan dan solusi dakwah terhadap PSK.
Laki-laki Bombana ini meggunakan metodologi bermula dari penentuan lokasi dan jenis penelitian, metode penelitian yang berdasar pada teori-teori pendekatan ilmu dakwah dan bidang ilmu lain yang mendukung seperti pendekatan rasionalistis, fenomenologis, teori normatife, dan sosiologis sehingga mencakup di didalamnya pendekatan multidisipliner, yang datanya merujuk pada field research. 
Meski harus kuliah lima tahun lebih, namun ia tak sia-sia lantaran ia begitu lancar mengungkapkan isi disertasinya. Pada bagian akhir disertasi ini disebutkan, pertama, keadaan ekonomi PSK, yang terklasifikasi dalam tiga kelompok yakni PSK jalanan sebanyak 241 orang, PSK lokalisasi sebanyak 732, dan PSK professional sebanyak 249. 
Dengan demikian jumlah PSK di kota Makassar selama penelitian berlansung sebanyak 1.222 orang. Kedua, aplikasi dakwah dalam pembinaan PSK di kota Makassar melalui bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh dinas sosial Makassar dan mengikutsertakam instansi terkait. Ketiga, terdapat banyak tantangan sekaligus menjadi kendala implementasi dakwah dikalangan PSK di kota Makassar, antara lain faktor lingkungan lokalisasi PSK yang kurang konduktif dan sulit dijangkau oleh sentuhan dakwah.
“Saya menilai Anda betul-betul terjun ke lapangan meneliti. Anda begitu menguasai setiap pertanyaan-pertayaan dari tim penguji,”kata Prof Sewang.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami