PD III Adab: LPP Sigap, Pemilma Mantap

Facebook
Twitter
WhatsApp

Laporan| Ahmad M Qomar
    
Washilah-Ada satu perhelatan akbar bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar saat memasuki awal tahun baru, yaitu pesta demokrasi pemilihan mahasiswa (pemilma) untuk ketua umum Himpunan Mahasiswa tingkat Jurusan (HMJ) dan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Fakultas (BEM F).
Sementara pemilma pres…iden mahasiswa (presma)  atau BEM Universitas (BEM U), dilakukan dua tahun sekali dan tepat jatuh pada tahun 2012 ini.

 Pemilma UIN Alauddin serentak dilaksanakan di kampus II, Rabu (11/1). Tempat Pemungutan Suara (TPS) diadakan di masing-masing fakultas, yaitu Fak. Ilmu Kesehatan, Fak. Sains dan Teknologi, Fak. Syariah dan Hukum, Fak. Dakwah dan Komunikasi, Fak. Ushuluddin dan Filsafat, Fak. Adab dan Humaniora, serta Fak. Tarbiyah dan Keguruan.

Pemilihan ketua BEM U tahun ini menjagokan enam kandidat terpilih yakni Agus, Muh. Taufiq Syam, Muh. Fajrin, Taufiq Husaini, Jardiansyah Jabir, dan A. Syamsul Bahri. Penetapan kandidat BEM U berdasarkan hasil keputusan dari Lembaga Penyelenggara Pemilma (LPP) Universitas setelah masing-masing kandidat melengapi berbagai persyaratan.

 Di Fakultas Adab dan Humaniora sendiri, pemilihan ketua BEM F hanya mencalonkan dua orang kandidat yakni Irsan dari jurusan Ilmu Perpustakaan dan Delukman dari jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (BSI). Sedangkan pemilihan ketua HMJ, di antara empat jurusan di Fak Adab, pemilihan hanya diadakan untuk mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan jurusan Ilmu Perpustakaan, di mana BSA mencalonkan dua kandidat yakni Ryan Pratama dan A. Rais Tomo, dan Ilmu Perpustakaan dengan dua kandidat yakni Suriadi dan Ismawan.

Proses pemilihan di Fakultas Adab dan Humaniora berlangsung tenang. Pembantu Dekan (PD) III, H. Muh. Dahlan M. menerangkan bahwa pemilma tahun ini berjalan kondusif dan mantap, karena kerjasama kami dengan tim LPP fakultas yang cukup solid dan sigap.

 “Kendalanya tahun ini hanya pada jumlah kuota pemilih (mahasiswa, red) yang bertambah, sehingga waktu pemilihan berlangsung lama,” imbuhnya.

 Pemilihan yang berlangsung di lantai 3 gedung fakultas berjalan kurang lebih 6 jam, yang dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 14.00 siang. Ketua LPP Fakultas, Arfandi Fani,  menjelaskan jumlah mahasiswa yang memberikan hak suaranya 740 orang. Jumlah kertas suara yang diberikan oleh LPP Universitas sebanyak 950 lembar dengan sisa kertas suara 206 lembar dan empat lembar dinyatakan hangus karena diisi oleh mahasiswa yang baru saja diwisuda.

 “Ikutnya keempat mahasiswa yang baru diwisuda tersebut dalam pemilihan adalah murni ketidaksengajaaan. Kami tidak mendapatkan intervensi dari pihak manapun untuk memasukkan mereka,” terang Rahmat Yusuf, sekretaris LPP, saat dikonfirmasi via ponsel.
    
Setelah melalui proses perhitungan suara, Irsan dinyatakan berhasil menyabet posisi ketua BEM Fakultas Adab dan Humaniora dan dari tingkat HMJ, Ryan Pratama dan Ismawan memenangkan suara terbanyak masing-masing dari jurusan BSA dan Ilmu Perpustakaan. Sedangkan perhitungan suara untuk kandidat BEM Universitas yang berakhir hingga pukul 11 malam di gedung auditorium kampus II, menobatkan Taufiq Husaini sebagai Presiden Mahasiswa UIN Alauddin Makassar priode 2012-2014.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami