SCL, IDI, Sarjana Pesantren Program Baru Rektor Tahun Depan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kamis, 29 Desember 2011 | Suryani Musi
Rektor UIN Alauddin Makassar
Washilah Online-Charakter Bulding Centre (CBT) yang telah lama akan segera terlaksana. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universiats Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar lewat pesan-pesan Al-amiah yang disampaikan di hadapan 379 wisudawan hari ini, Kamis (29/12/2011).
Namun, untuk pengembangan UIN ke depannya, bukan hanya Charakter Building yang akan dikembangkan oleh Rektor. Melainkan sejumlah program lainnya. Seperti Islam untuk Disiplin Ilmu (IDI), dan Student Centered Leraning (SCL) serta sarjana Pesantren. Untuk sekarang ini sementara berjalan program Pencerahan Imani dan Keterampilan Hidup (Pikih), dan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
“Tahun ini, kita akan melaksanakan beberapa kegiatan penting berkenaan dengan peningkatan mutu proses belajar mengajar (BBM), yaitu CBT, IDI, dan Sarjana Pesantren,”kata Rektor.
CBT Diperuntukkan menambah atau menguatkan dan memantapkan karanter, sifat-sifat terpuji dan akhlak mulia dari warga kampus UIN.
Sematara IDI, merupakan pelatihan dasar pengetahuan ajaran Islam, ksususnya bagi dosen muda yang basic kesarjanaannya dari jurusan umum. 
SCL merupakan epistimologi pengajaran yang menempatkan mahaisiwa sebagai aktifitas pembelajaraan. Bukan lagi dosen. 
“Secara teoritis, daya serap maahsiswa yang hanya mendengar kuliah dari dosennya jauh lebih rendah dibanding jika aktif mencari dan menemukannnya sendiri,”paparnya lebih lanjut.
Fungsi dimaksudkan oleh Rektor, hanya penunju jalan, pendamping, fasilisitator, agar kegiatan belaajr mengajar dapat lebih efektif, efisien dan produktif. 
Di lain sisi, Sarjana Pesantren, maksudnya UIN Alauddin akan mengundang mahasiswa tamatan terbaik dari pondok pesantren untuk didik menjadi sarjana tanpa perlu membayar SPP.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami