Jurnalistik Profetik yang Akan Dikembangkan di UIN

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kamis 28 Desember 2011 | Suryani Musi
Washilah Online-Ada yang Harus beda antara keluaran Jurnalitik Universiats Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dengan  jurusan Jurnalistik dari Universiats lain.
Hal tersebut dinyatakan oleh Sekretaris Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dr Firdaus Muhammad M Ag ketika membawakan materi di dialog yang diadakan oleh jurusan Jurnalistik semester VII di Gedung Lecture Teater FDK, Rabu (28/12/2011) kemarin.
“Salah satu yang akan menjadi pembeda adalah, di setiap skripsi yang disusun oleh mahasiswa mestinya punya ayat yang berkaitan dengan jurnalistik. Selain itu juga akan dikembangkan jurnalistik Profetik,”katanya,
Jurnalistik Profetik ini merupakan jurnalistik yang menggunakan pola kenabian. Isinya berusaha mengarahkan bagaimana mahasiswa jurusan Jurnalistik mencontoh sifat kenabian. Ini juga salah satu cara untuk menghidari kasus Fabrikasi Berita dan Trial By Press.
“Sifat kenabian yang harus dikembangkan, berfifat amanah, fatonah (cerdas), Siddiq (Kejujuran), dan punya misi utama sebagai dai atau tabliq,”tambahnya lagi.
Ia memaparkan bahwa sekarang ini ada kecenderungan media memang punya nilai edukasi. Namun, yang justru sangat menonjol dari sisi entertainnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami