Jurusan TI Studi Banding ke Tiga Universitas di Jawa

Facebook
Twitter
WhatsApp

Selasa, 01 September 2011 | Suryani Musi
Mahasiswa T UIN Berfoto di depan Universiats Malang
Washilah Online-Jurusan Teknologi Informatika (TI) Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudddin Maassar telah adakan studi banding di tiga universiats di Jawa. Studi banding ini mulai berlangsung sejak Senin 24 Oktober sampai 31 Oktober 2011.
Menurut ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) TI Fakultas Sains dan Tenologi (FST) menyatakan  bahwa ketiga jurusan tersebut merupakan Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Malang, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.
“Kunjungan tersebut ini kami lakukan melihat perbandingan antara kampus-kampus tersebut dengan UIN, khususnya yang ada di jurusan TI itu sendiri. Kampi ingin melihat apa sebenarnya yang melatar belakangi sehingga kampus mereka lebih maju dibanding dengan UIN sendiri dan bagaimana kebijakan tersebut supaya bisa juga diterapkan di jurusan kami,”kata Muktarul Laili.
Perbandingan yang dia maksudkan mulai dari perbandingan infrastruktur jurusan mereka termasuk pada tata kelola dan penggunaan laboratorium, tingkat pendidikan mereka, akreditasi jurusan, himpunan mahasiswa, kegiatan kemahasiswaan, kinerja dosen dan Sumber daya mahasiswa, dan termasuk pada program mater atau S2.
“Kegiatan ini tidak hanya sampi di sini melainkan kami akan presentasekan ke pihak jurusan untuk membenahi apa yang kurang di jurusan kami termasuk pemberdayaan sumber daya manusia mahasiswanya,”paparnya lebih lanjut.
Ketika ditanya alasan mereka memilih ketiga jurusan tersebut, Muktarul menyatakan bahwa UGM  merupakan pusat pendidikan jurusan TI yang tergolon cukup tua di Indonesia. Kemudian universiats lainnya seumuran dengan jurusan TI d UIN. 
“Kami ingin membuat perbandingan dengan kampus lain kemudian mengoreksi di bagian mana yang menjadi titik lemah jurusan TI UIN yang belum tersentuh pengembangannya,”tambahnya.

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami