Ketua Prodi Profesi Ners FKIK Sukses Raih Gelar Doktor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Momen Ujian Promosi Gelar Doktor, Ketua Prodi Profesi Ners FKIK Dr Patima, Rabu (17/02/2021).

washilah – Ketua Program Studi (Prodi) Profesi Ners Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar sukses meraih gelar Doktor pada hari Senin 15 Februari lalu.

Dr. Patima berhasil menyelesaikan disertasi dengan judul Pengembangan Model Interprofessional Collaboration (IPC) pada rumah sakit pendidikan di Sulawesi Selatan, Rabu (16/02/2021).

Dalam disertasinya, Ia menemukan pengembangan model IPC pada rumah sakit pendidikan di Sulsel, di mana pada model terlihat adanya pengaruh faktor individu, faktor tim, dan faktor organisasi terhadap pelaksanaanya.

Dr. Patima merekomendasikan IPC hendaknya dijadikan bagian dari visi misi rumah sakit pendidikan.

”Rekomendasi hasil penelitian ini, Rumah sakit pendidikan hendaknya menjadikan IPC sebagai bagian dari visi misi dan tujuan rumah sakit,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kurikulum berbasis interprofessional collaboration education (IPE) wajib diterapkan pada rumah sakit pendidikan.

“Selain itu, rumah sakit pendidikan juga harus menerapkan IPE pada pelaksanaan praktik bagi mahasiswa. Institusi pendidikan tenaga kesehatan yang menjadikan rumah sakit pendidikan sebagai wahana praktik, wajib menerapkan kurikulum berbasis IPE,” tambah Patima.

Penulis : Nadia Hamrawati Hamzah (Magang) 

Editor : Agil Asrifalgi

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami