Realisasi Proker Terakhir KKN-DK Luwu Utara Buat Ruang Baca

Facebook
Twitter
WhatsApp

Washilah – Merealisasikan program kerja (Proker) akhir Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Kampung (KKN-DK) Luwu Utara, Kecamatan Mappacedaeng, Desa Cendana Putih, membuat ruang baca di Tempat Pengembangan Anak (TPA) Masjid Nurul Huda, Senin (30/11/2020).

Koordinator Desa (Kordes) Khotim Juliana Umar mengungkapkan bahwa pengadaan ruang baca ini merupakan program puncak dari kelompok KKN-DK di lokasinya.

“Pengadaan Ruang Baca di TPA di Masjid Nurul Huda merupakan Proker puncak kami selama melakukan KKN di Desa Cendana Putih, Kec. Mappedeceng Kab. Luwu utara,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pengadaan taman baca tersebut adalah bentuk partisipasi mereka kepada masyarakat Desa, terkhususnya untuk membantu pengembangan budaya baca bagi anak-anak di Desa Cendana Putih.

“Kami ingin memberikan sesuatu yang berkesan kepada masyarakat Desa dengan adanya Taman baca ini masyarakat dan anak-anak di Desa ini dapat membaca di TPA tersebut program ini kami laksanakan bekerja sama dengan bidang kaderisasi remaja Masjid Nurul Huda dan kami berharap dengan adanya taman baca ini dapat meningkatkan minat baca anak-anak,” jelasnya.

Menyambut kegiatan tersebut Penanggung Jawab Bidang Kaderisasi Remaja Masjid Afandi Soamole S Hut mengapresiasi pengadaan ruang baca mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin.

“Jadi ruang buku yang diadakan yang merupakan bagian dari Proker KKN ini sangat bernilai positif dan itu sangat bagus untuk merangsang samangat membaca anak generasi muda, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini dimana anak sudah lama tidak bersekolah, jadi perpustakaan ini sangat bermanfaat,” ungkapnya.

Lebih lanjut beliau berharap dengan adanya ruang baca ini remaja-remaja Desa bisa memulai untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif bagi Desa.

“Harapan saya dengan perpustakaan bisa mengalihkan bacaan remaja juga dari bacaan di handphone ke bacaan yang lebih berkualitas. Mengalihkan kebiasaan kecanduan handphone ke bacaan. Makanya di upayakan langkah awalnya kita programkan sehari dengan buku,” harapnya.

Penulis: Nurlia (Magang)

Editor: Rahma Indah

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami