KSR-PMI UIN Alauddin Adakan Pendalaman Materi BHD/RJP

Facebook
Twitter
WhatsApp
Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela-Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) saat mendengarkan materi Bantuan Hidup Dasar atau Resusitasi Jantung Paru (BHD/RJP). Kegiatan ini berlokasi di samping gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Rabu (18/09/2019).

Washilah – Unit kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela – Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) UIN Alauddin Makassar mengadakan pendalaman materi Bantuan Hidup Dasar atau Resusitasi Jantung Paru (BHD/RJP). Kegiatan ini berlokasi di samping gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Rabu (18/09/2019).

Lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan ini melakukan pendalaman materi RJP dengan menggunakan manekin atau boneka manusia untuk anggota UKK KSR-PMI.

Pemateri, Furqonnullah Ahmad menjelaskan materi tersebut sangat berguna untuk anggota dan di sisi lain materi ini juga akan membentuk sisi relawan anggota.

“Manfaat dari praktek ini untuk mengetahui sejauh mana ilmu BHD. Jadi, misalnya ketika anggota mendapati kecelakan di jalan, mereka bisa memberikan bantuan bagi yang membutuhkan,” ujarnya.

Lanjut Furqonullah, pendalaman materi kepalang merahan ini tidak hanya fokus pada satu materi namun rutin dilakukan KSR PMI UIN Alauddin Makassar. Diantaranya materi crew ambulance, pertolongan pertama, phisico sosial, manajemen bencana dan manajemen posko dan masih banyak materi lain hingga beberapa minggu berikutnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan dan Latihan (Diklat), Firma Nurul Aisyah mengatakan pendalaman materi kepalang merahan tentang BHD/RJP merupakan kegiatan atau pelatihan dasar pertolongan pertama bagi anak KSR.

“Soal pendalaman materi kepalangmerahan tentang BHD/RJP merupakan kegiatan atau pelatihan dasar pertolongan pertama bagi anak KSR. Hal ini sangat perlu diketahui dasar ilmunya. Sehingga ketika diperhadapkan di lapangan bisa mengaplikasikan kepada korban,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa kajian ini bersifat umum. Teman-teman dapat mengikuti atau mendalami materi dan prakteknya karena bisa menjadi dasar untuk memberikan bantuan kepada korban yang membutuhkan.

Citizen Report: Baburrahmat Askamullah
Editor : Suhairah Rasyid

  Berita Terkait

Pencarian Berita

Lihat Arsip Kami